PENGARUH PERSEPSI CALON INVESTOR TENTANG KUALITAS PELAYANAN BIRO PEMASARAN DAN HUMAS TERHADAP CITRA OTORITA ENGEMBANGAN DAERAH INDUSTRI PULAU BATAM

Lilik Lujayanti, 090010153L (2005) PENGARUH PERSEPSI CALON INVESTOR TENTANG KUALITAS PELAYANAN BIRO PEMASARAN DAN HUMAS TERHADAP CITRA OTORITA ENGEMBANGAN DAERAH INDUSTRI PULAU BATAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-lujayantil-3825-te07_07-k.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34133.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Otorita pengembangan Daerah Industri Pulau Batam (Otorita Batam) adalah lembaga pemerintah yang didirikan pada tahun 1971 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 1971. Berdasarkan Keppres Nomor 41 Tahun 1973 pasal 4, berikut dengan perubahan-perubahannya, terakhir dirubah dengan Keppes Nomor 113 Tahun 2000 tanggal 4 Agustus 2000, Otorita Batam mempunyai tugas sebagai berikut : (1) Mengembangkan dan mengendalikan pembangunan Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang dan beberapa pulau kecil tertentu disekitarnya sebagai suatu daerah industri. (2) Mengembangkan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan industri, perdagangan, pariwisata dan alih kapal (transhipment) di wilayah kerja Otorita Batam. (3) Merencanakan kebutuhan prasarana dan pengusahaan instalasi-instalasi prasarana dan fasilitas lainnya. (4) Menampung dan meneliti permohonan izin usaha yang diajukan oleh para pengusaha serta mengajukannya kepada instansi-instansi yang bersangkutan. (5) Menjamin agar tata cara perizinan dan pemberian jasa-jasa yang diperlukan dalam mendirikan dan menjalankan usaha-usaha di Pulau Batam dapat berjalan lancar dan tertib, segala sesuatunya untuk dapat menumbuhkan minat para pengusaha menanamkan modalnya di Pulau Batam. Mengingat demikian strategisnya peranan Otorita Batam dalam menarik investasi ke Batam, maka Otorita Batam membentuk unit kerja Biro Pemasaran dan Humas dengan fungsi utama membantu lembaga untuk menciptakan dan memelihara citra baik Otorita Batam. Citra adalah tujuan utama dan sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai bagi dunia hubungan masyarakat (kehumasan). Citra lembaga/organisasi tidak terlepas dari kualitas jasa pelayanan yang diberikan, nilai kepercayaan dari publik serta goodwill yang ditampilkan oleh Iembaga/perusahaan yang bersangkutan. Biro Pemasaran dan Humas Otorita Batam merupakan gerbang pertama dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada calon investor yang berkunjung ke Otorita Batam. Dalam menjalankan tugasnya Biro Pemasaran dan Humas Otorita Batam perlu adanya umpan balik dari masyarakat dunia usaha khususnya calon investor tentang kinerja Biro Pemasaran dan Humas dalam membentuk Citra positif Otorita Batam. Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan yang terdiri dari dimensi Kehandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti Iangsung/wujud (Tangibles) dari Biro Pemasaran dan Humas terhadap Citra Otorita Batam maka dilakukan penelitian terhadap 100 calon investor yang bekunjung ke Otorita Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan statistik regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian produnc moment menunjukkan bahwa semua item pertanyaan yang merupakan indikator dari variabel bebas dan variabel terikat dapat dinyatakan valid dan seluruh variabel dalam penelitian ini reliable. Berdasarkan pengujian tidak terjadi persoalan multikoleniaritas antar variabel independen, tidak terjadi heterokedastisitas dari variabel-variabel yang digunakan untuk mengukur Citra Otorita Batam serta model regresi yang diperoreh layak digunakan untuk mengukur Citra Otorita Batam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kualitas Pelayanan Biro Pemasaran dan Humas Otorita Batam yang terdiri dari dimensi Kehandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti langsung/wujud (Tangibles) secara bersama-sama dipersepsi oleh calon investor berpengaruh terhadap Citra Otorita Batam. Dimensi Kahandalan (Reliability) dan Daya Tanggap (Responsiveness) dari Kualitas Pelayanan Biro Pemasaran dan Humas secara parsial dipersepsi berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Otorita Batam, sedangkan dimensi Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti langsung/Wujud (Tangibles) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Otorita Batam. Kehandalan pelayanan Biro Pemasaran dan Humas yang mencakup aspek kompetensi dan akurasi pelayanan merupakan dimensi yang dipersepsi oleh calon investor paling menentukan Citra Otorita Batam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE. 08/07 Luj p
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangibles, and Image
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Lilik Lujayanti, 090010153LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSRI GUNAWAN, Drs. M.Com. DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Jun 2017 20:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item