KEDUDUKAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DALAM PENDAFTARAN TANAH

I PUTU JULIA PUTRA SH, 030810486 N (2007) KEDUDUKAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DALAM PENDAFTARAN TANAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
download.php_id=gdlhub-gdl-s2-2007-putraiputu-3903&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pejabat Pembuatan Akta Tanah (PPAT) mempunyai peran yang penting dalam pendaftaran tanah, yaitu membantu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu dalam pendaftran tanah. Kata “dibantu” dalam Pasal 6 ayat (2) Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 di sini tidak berarti bahwa PPAT merupakan bawahan dari Badan Pertanahan Nasional yang diperintah olehnya, akan tetapi PPAT mempunyai kemandirian dan tidak memihak dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang perlu dibahas dalam penelitian ini adalah:” Apa tugas Pejabat Pembuat Akta Tanah dalam pendaftaran tanah dan apakah Pejabat Pembuat Akta Tanah merupakan pejabat Tata Usaha Negara” Bedasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa,Pejabat Pembuat Akta Tanah mempunyai peran yang penting dalam pendaftaran tanah, yaitu, selain Pejabat Umum, PPAT mempunyai tugas membantu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu dalam pendaftaran tanah. PPAT adalah bukan Pejabat Tata Usaha Negara. Karena pengertian Pejabat Tata Usaha Negara adalah badan/pejabat yang melaksanakan urusan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku (Undang-undang No. 5 Tahun 1986).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 02/07 Put k
Uncontrolled Keywords: Pejabat Pembuat Akta Tanah
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
I PUTU JULIA PUTRA SH, 030810486 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUrip Santoso, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 25 Oct 2016 16:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item