PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PASAR SWALAYAN DI KOTA BATAM

ZULHENDRI, 090010152 (2005) PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PASAR SWALAYAN DI KOTA BATAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-zulhendri-3850-te1007-t.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34175.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bauran pemasaran pada dasarnya menekan pada perencanaan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilakukan manajer pasar untuk memenuhi dan memuaskan keinginan konsumen dalam rangka memudahkan dan mendukung hubungan pertukaran melalui kebijakan produk, harga, distribusi dan promosi. Asumsi dasar dunia bisnis termasuk didalamnya kegiatan pemasaran adalah bagaimana memenangkan persaingan. Oleh karena itu perlu diterapkan manajemen strategik bisnis/ pemasaran guna menjembatani dan mengimplementasikan keputusan tingkat korporasi (: lebih koseptual, kurang konkrit, potensi resiko, biaya dan laba lebih besar, cakupan waktu lebih lama) kepada tingkat fungsional (: Iebih operasional, berorientasi tindakan konkrit, relatif berhjngka pendek, biaya murah serta berisiko rendah, dapat menyesuaikan dengan kegiatan yang sedang berjalan). Untuk mengimplementasikan keputusan kedalam kegiatan¬-kegiatan bauran pemasaran yang lebih rinci, hal telah diuraikan oleh Pride & Ferrell (1995;5-7) dan Kotler (2000:204-209) sebagaimana terlihat pada Tabel 2.1. Kepuasan pelanggan merupakan persepsi dan pandangan pelanggan atas kegiatan dan kebijakan yang dilakukan oleh para manajer pemasaran dalam menerapkan strategi bauran pemasaran ( meliputi kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi serta kebijakan promosi). Jika perbandingan keuntungan nyata yang diterima lebih besar maka pelanggan merasa sangat puas, jika keuntungan nyata yang diterima (real bonefit/rf) sama dengan yang harapan (expectation/e) maka pelanggan masih merasa puas atau memuaskan pelanggan, jika kenyataan kurang dari yang diharapkan maka pelanggan merasa kecewa ,komplain dan mengeluh tehadap strategi bauran pemasaran . Untuk mengatisipasi terjadinya kekecewaan, komplain kurang puas serta keluhan pelanggan maka para pelanggan diberi jaminan mengatasi keluhan pasca membeli. Dengan demikian kepuasan pelanggan secara operasional dapat didefinisikan perbandingan Real-Bonefit (RB) lebih besar dan atau sama dengan Expectation (E) atau disederhanakan RF > E . Loyalitas pelanggan merupakan aktualisasi sikap kesetiaan yang penuh dari pelanggan karena setiap saat merasa puas terhadap kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh manajer pasar swalayan. Seakan-akan bagi mereka tidak akan terpengaruh terhadap tarikan pesaing, timbul sikap kebal terhadap tawaran produk lain yang sejenis, bahkan siap membela serta merekomendasikan hal-hal yang posotif kapada teman-temannya. Dengan kata lain Loyalitas , pelanggan adalah komitmen, konsisten, antusiasisme, fantikisme, dari para pelanggan dan siap membela dan merekomendasikan hal-hal yang positif kepada teman sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi bauran pemasaran yang diterapkan manajer pasar swalayan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, baik secara sendiri – sendiri maupun secara bersama. Penelitian dilaksanakan di Kota Batam dan metoda penelitian survey dengan responden penelitian adalah pelanggan Pasar Swalayan berjumlah 255 orang, yang dipilih berdasarkan tehnik Proportional Stratified Random Sampling berdasarkan rumus Isaac & Michael (Sugiyono, 2001: 79-81). Instrumen yang digunakan adalah quesioner Strategi bauran pemasaran sebagai variabel bebas, sedangkan quisioner Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan sebagai variabel terikat. Untuk melakukan analisis atas model di atas, digunakan metode struktural equation model (SEM). Model ini merupakan penggabungan dari model analisis jalur (path analysis) dan model pengukuran (measurement model) yaitu analisis konfirmasi faktor (confirmatory factor analysis). Dengan analisis Model SEM juga dikonfirmasikan variabel-variabel indikator pembentuk variabel laten, demikian juga ingin dilihat pengaruh dari variabel independen (baik bersifat endogen maupun eksogen) terhadap variabel dependen, ataupun pengaruh dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Dari hasil analisis dengan menggunakan aplikasi Lisrell 8.54 di atas, diperoleh hasil sebagai berikut : 1.Hasil Pengukuran untuk Variabel Laten Endogen Kepuasan Parameter yang dihasilkan signifikan apabila t > 2. Estimasi parameter (Basic Model) , Tampak bahwa nilai t semua paramaternya signifikan, sehingga semua model pengukuran variabel laten endogen kepuasan yang diukur secara tak Iangsung melalui indikator manifesnya bagus, walaupun eror covariancenya agak besar bahkan ada yang negatif. Sedangkan dari hasil pengujian dengan confirmatory factor analysis (CFA) dapat diketahui validitas dan reliabilitas pengukuran. dinyatakan dengan faktor kepuasan pelanggan yaitu X2.1=0,50 dan X2.2=15,69 . Untuk menguji apakah model pengukuran sesuai dengan data, maka perhitungan dilakukan menggunakan model Evaluasi Goodness of Fit Indicess menghasilkan koefisien reliabilitas (RMSEA) = 0,035, •karena nilainya < 0, 08 menunjukkan hasil yang baik berarti model sesuai dengan data. 2. Hasil Pengukuran untuk Variabel Laten Endogen Loyalitas Parameter tersebut signifikan apabila t > 2. Estimasi parameter (Basic Model) Tampak bahwa nilai t semua paramaternya signifikan, sehingga semua model pengukuran variabel laten yang diukur secara tak langsung melalui indikator manifesnya bagus, walaupun eror covariancenya agak besar bahkan ada yang negatif. Sedangkan dari hasil pengujian dengan confirmatory factor analysis (CFA) dapat diketahui validitas dan reliabilitas pengukuran dinyatakan dengan faktor Loyalitas pelanggan yaitu Y1=0,20, Y2=0,17, Y3=-0,06 dan Y4=0,87. Untuk menguji apakah model pengukuran sesuai dengan data, maka perhitungan dilakukan menggunakan model Evaluasi Goodness of Fit Indicess menghasilkan koefisien reliabilitas (RMSEA) = 0,028, karena nilainya < 0, 08 hal ini menunjukkan hasil yang baik berarti model sesuai dengan data. 3. Hasil Pengukuran untuk Variabel Laten Endogen Bauran pemasaran. Dari variabel strategi Bauran Pemasaran untuk uji Standardized Model dapat diketahui validitas dan reliabilitas digunakan pengukuran. confirmatory factor analysis (CFA) dapat diketahui validitas dan reliabilitas pengukuran. dinyatakan dengan variabel Strategi Bauran Pemasaran yaitu X1.1=0,87, X1.2=0,28, X1.3=-0,10 dan X1.4=0,12. Untuk menguji apakah modell pengukuran sesuai dengan data, maka perhitungan dilakukan menggunakan model) Evaluasi Goodness of Fit Indicess menghasilkan koefisien reliabilitas (RMSEA) = 0,169, karena nilainya < 0, 08 hal ini menunjukkan hasil yang baik berarti model sesuai dengan data. Kesimpulan dari Pengujian Model Struktural dapat dirangkum dari Koefisien Jalur (Regresi Terstandar) pengaruh antar variabel ,adalah sebagai berikut : 1. Pengaruh langsung Bauran pemasaran terhadap Loyaloitas pelanggan (H1) Dengan koefisien jalur H1 =0,32 menunjukkan pengaruh langsung Bauran pemasaran terhadap Loyalitas sangat substansial, dengan Nilai t parameternya adalah p<0,05 signifikan, sehingga disimpulkan bahwa Bauran pemasaran berpegaruh Iangsung terhadap Kepuasan pelanggan. 2. Pengaruh Bauran pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan (H2) Dengan koefisien jalur H2=-0,03 menunjukkan tidak ada pengaruh Iangsung Strategi Bauran pemasaran terhadap Kepuasan dengan nilaii probabilitas p<0,05. 3. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (H3) Dengan koefisien jalur H3=-0,32 menunjukkan pengaruh Iangsung variabel/factor Kepuasan terhadap Loyalitas pelanggan dengan nilaii probabilitas p<0,05.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 10/07 Zul p
Uncontrolled Keywords: Customers Loyalty and Satisfaction can be formed through applied diverged strategy.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZULHENDRI, 090010152UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUMAR NIRMAN, Prof. Dr. H. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Jun 2017 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34175
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item