UJI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN BALANCED SCORECARD BUDAYA KERJA UNTUK MELIHAT KUALITAS MANUSIA KARYA DI PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR

ISNA FITRIA AGUSTINA, 090114388 (2004) UJI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN BALANCED SCORECARD BUDAYA KERJA UNTUK MELIHAT KUALITAS MANUSIA KARYA DI PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
34181.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manusia merupakan sumber daya utama di dalam perusahaan yang membuat perusahaan memiliki jiwa serta kemampuan menjalankan aktivitas. Dalam rangka mencapai tujuan perusahaan, manusia juga memotivasi manusia lainnya untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Pengembangan dan peningkatan perusahaan memerlukan manusia yang berkualitas sebagai pendukung. Oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia amat diperlukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu perusahaan publik yang bergerak dalam bidang telekomunikasi adalah PT. Telkom Divre V Jawa Timur. yang juga menyadari bahwa karyawan memiliki arti yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan mendapat perhatian penuh. Hal ini dapat dilihat dalam struktur organisasi di PT. Telkom Divre V Jawa Timur terdapat departemen yang khusus menangani sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui uji perspektif pembelajaran & pertumbuhan Balanced Scorecard dan budaya kerja berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap kualitas manusia karya di PT. Telkom Divre V Jawa Timur. Untuk memperoleh data kuantitatif, penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan variabel-variabel penelitian yaitu : kepuasan karyawan, retensi karyawan, produktivitas karyawan, budaya kerja dan manusia karya yang disebarkan pada 60 responden yang merupakan Manager, Asisten Manager dan Karyawan PT. Telkom Divre V Surabaya. Adapun pengukuran instrumen tersebut menggunakan skala Likert yang telah dimodifikasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi ganda yang dibantu dengan program SPSS versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan : Perspektif pembelajaran & pertumbuhan BSC (terdiri dari . kepuasan karyawan, retensi karyawan, produktivitas karyawan) dan budaya kerja mempunyai pengaruh yang bermakna secara bersama-sama (simultan) terhadap kualitas manusia karya di PT. Telkom Divre V Jawa Timur. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 12,527 dengan sig = 0,000 < 0,05 Pengaruh yang ditimbulkan oleh kepuasan karyawan, retensi karyawan, produktivitas karyawan dan budaya kerja terhadap kualitas manusia karya sebesar 0,477, sisanya sebesar 0,553 di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutkan dalam modal penelitian ini. Sedangkan keeratan hubungan yang timbul dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi multiple sebesar 0,690 artinya keeratan hubungan yang ditimbulkan oleh v iriabel-variabel penelitian ini sebesar 69,00%. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran BSC dan budaya kerja mempunyai pengaruh yang bermakna secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan terhadap kualitas manusia karya di PT. Telkom Divre V Jawa Timur. Hal ini ditunjukkan dengan menguji secara parsial masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikatnya dengan menggunakan uji t, dimana berturut-turut nilai t hitung = 2,054; -5,016; 2,110; 2,893 dengan memiliki nilai signifikansi (P < 0,05).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 33/07 Agu u
Uncontrolled Keywords: employees satisfaction, employees retention, employees productivity and corporate culture
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
ISNA FITRIA AGUSTINA, 090114388UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKuntoro, Prof. dr., M.Ph., Dr., PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jun 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item