PERSPEKTIF SEMIOTIK TENTANG REPRESENTASI BUDAYA FEODAL DALAM IKLAN A MILD VERSI TANYA KENAPA DENGAN TEMA BELUM TUA BELUM BOLEH BICARA

ANDJRAH HAMZA I, 090610201 (2008) PERSPEKTIF SEMIOTIK TENTANG REPRESENTASI BUDAYA FEODAL DALAM IKLAN A MILD VERSI TANYA KENAPA DENGAN TEMA BELUM TUA BELUM BOLEH BICARA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-andjrahham-7599-abstract-8.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang mengangkat iklan sebagai objek penelitian, menjadi hal yang menarik bagi peneliti. Karena iklan adalah media yang memiliki tanda yang berhubungan dengan tanda dimasyarakat, tanda-tanda tersebut memiliki relasi/ asosiasi, sehingga menghasilkan makna yang tergantung dari pembaca iklan. Iklan A Mild Belum Tua Belum Boleh Bicara menurut peneliti memiliki nilai-nilai budaya Feodal, yang terdapat dalam tanda-tanda seperti komposisi, gesture,warna, aksentuasi, tagline, dll. Studi mengenai tanda atau Semiotika, peneliti menggunakan teori dari C.S. Pierce tentang Ikon, Indeks, dan Simbol. Budaya Feodal dalam iklan ini bertujuan untuk mengkritik masyarakat, fenomena dimasyarakat budaya Feodal masih mempengaruhi seseorang dalam pergaulan, berpikir, berkomunikasi, berpendapat, birokrasi, dll. Sehingga paham seperti ini akan dapat memperhambat perkembangan masyarakat itu sendiri. Selain itu, budaya Feodal bertentangan dengan prinsip Demokrasi yang memberikan kebebasan untuk melakukan hak masing-masing. Kritikan pada masyarakat melalui tanda- tanda dalam iklan A Mild ini, melalui tampilan burung pelikan tua dan muda yang bertolak belakang, tinggi-rendah, jauh-dekat, warna, ekspresi pelikan tua yang terlihat sinis, ekspresi pelikan muda yang terlihat lugu, dll. Maka representasi iklan tersebut mengarah pada tanda yang berhubungan dengan relasi social.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.12/08 And p
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI BUDAYA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
ANDJRAH HAMZA I, 090610201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Sutarsih Andarini, Dr.,Drs.,MS.,SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Jun 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item