SERTIFIKAT HAK TANGGUNGAN SEBAGAI ALAT BUKTI HAK TANGGUNGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 4 TAHUN 1996

Aris Arjanggi P, 030510558 (2007) SERTIFIKAT HAK TANGGUNGAN SEBAGAI ALAT BUKTI HAK TANGGUNGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 4 TAHUN 1996. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-arisarjang-6523-tmk520-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s2-2008-arisarjang-6523-tmk520-k.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Kesimpulan a. Pendaftaran Hak Tanggungan adalah suatu rangkaian proses akan lahirnya Hak Tanggungan. Lahirnya Hak Tanggungan adalah pada hari tanggal buku tanah Hak Tanggungan yang sebelumnya dilakukan pendaftaran terlebih dahulu di Kantor Pertanahan dan salinannya berupa Sertifikat Hak Tanggungan diberikan kepada kreditor Apabila Hak Tanggungan tersebut belum didaftarkan maka Hak Tanggungan belumlah lahir sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya pendaftaran Hak Tanggungan tersebut juga menentukan dan sangat berpengaruh terhadap kedudukan kreditor pemegang Hak Tanggungan itu sendiri, yaitu akan menjadi kreditor preferen. Hak Tanggungan merupakan suatu hak jaminan kebendaan yang dengan demikian kedudukan kreditor terhadap kreditor lainnya sesama pemegang Hak Tanggungan terhadap obyek yang sama, akan bergantung dan ditentukan pula oleh saat pelaksanaan pendaftaran Hak Tanggungan. b. Fungsi dari pendaftaran Hak Tanggungan yang tercamtum dalam Pasal 14 UUHT ayat 1 sangat jelas yaitu bahwa Sertifikat Hak Tanggungan sebagai alat bukti guna membuktikan adanya Hak Tanggungan yang membebani suatu Hak Atas Tanah. Adapun yang berwenang menerbitkan sertifikat Hak Tanggungan tersebut adalah Kantor Pertanahan sebagai tindak lanjut pendaftaran Hak Tanggungan dan sebagai salinan dari buku tanah Hak Tanggungan. Dalam hal untuk pelaksanaan eksekusi Hak Tanggungan, sertifikat Hak Tanggungan ini juga bisa menjadi bekal kreditor pemegang Hak Tanggungan dalam melaksanakan eksekusi berdasarkan gosse akta dengan meminta fiat pengadilan. Grosse akta yang diberikan irah-irah di atasnya yang berbunyi DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA� tersebut mempunyai suatu kekuatan istimewa, yaitu seperti suatu kepetusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan tetap.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 52/07 Ari s
Uncontrolled Keywords: Sertifikat; Hak tanggungan; Alat bukti;
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Aris Arjanggi P, 030510558UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEman Ramelan, Dr.,SH.,MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Jun 2017 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item