STUDI MOTIVASI YANG MENENTUKAN KEBERHASILAN DALAM BERWIRAUSAHA PADA INDUSTRI KECIL TAS DAN KOPER DI TANGGULANGIN SIDOARJO

YULI WIDI ASTUTI, 099913441 (2007) STUDI MOTIVASI YANG MENENTUKAN KEBERHASILAN DALAM BERWIRAUSAHA PADA INDUSTRI KECIL TAS DAN KOPER DI TANGGULANGIN SIDOARJO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri kecil merupakan sarana pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Indonesia yang jumlah penduduknya besar dengan rata-rata pendidikan yanq masih rendah. Untuk itu keberadaannya harus ditunjang dengan kemampuan yang baik oleh pemimpin dalam industri kecil tersebut. Seorang pemimpin (pengusaha) yang motivasi tinggi akan mencapai keberhasilan usaha. Tujuan penelitian ini adalah menggali faktor-faktor motivasi apa saja yang mendorong seseorang untuk berwirausaha dan mencapai keberhasilan. Di samping itu apakah faktor-faktor yang telah ditemukan tersebut secara individual maupun bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keberhasilan usaha industri kecil tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian exploratory yang akan menggali faktor-faktor motivasi apasaja yang mendorong seseorang untuk memilih pekerjaan sebagai wirausaha diukur dengan 28 faktor dan explanative yang menjelaskan hubungan keterkaitan yang terjadi antara faktor yang diperoleh melalui exploratory factor analysis (variabel babas) dengan variabel keberhasilan usaha (variabel terikat). Sampel yang diambil sebesar 150 responder dari 611 pengusaha industri kecil tas dan koper di Desa Kedensari dan Kludan Tanggulangin Sidoarjo secara proportional random sampling. Berdasarkan hasil analisis faktor (EFA) ditemukan tiga faktor yang memotivasi seseorang untuk berwirausaha yaitu faktor motivasi sosialkeluarga, faktor motivasi intrinsik-prestasi, dan faktor motivasi pengakuan sosial kemasyarakatan. Ketiga faktor ini diregresikan dengan persamaan Y=0,08971+0,01697X1+0,01925X2+0,02409X3, untuk mencari factor mana yang berpengaruh dominan terhadap keberhasil usaha. Dan dari hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 12,201 pada nilai siknifikansi p = 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasinya (R) sebesar 21,2 %. Dan faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keberhasilan usaha industri kecil tas dan koper di Tanggulangin Sidoarjo adalah faktor motivasi pengakuan sosial kemasyarakatan yang ditandai oleh nilai koefisien beta 0,315, disusul faktor motivasi intrinsik-prestasi 0,252, dan faktor motivasi sosial-keluarga 0,222.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 08/08 Ast s
Uncontrolled Keywords: Faktor Motivasi Sosial keluarga, Faktor Motivasi Intrinsik-Prestasi, Faktor Motivasi Pengakuan Sosial Kemasyarakatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
YULI WIDI ASTUTI, 099913441UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sulasmi, Dr.,PSi.,MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34219
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item