PENGARUH KONSELING PADA IBU HAMIL RISIKO TINGGI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN RUJUKAN TERENCANA

Temu Budiarti, 090013947 M (2004) PENGARUH KONSELING PADA IBU HAMIL RISIKO TINGGI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN RUJUKAN TERENCANA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-budiartite-6673-tkm210-k.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-budiartite-6673-tkm210-p-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah kesakitan dan kematian ibu di Indonesia masih merupakan masalah besar. Kematian ibu sebagian besar disebabkan oleh perdarahan, infeksi, pre eklamsi dan penyebab tak langsung. Faktor yang mempengaruhi terjadinya kematian ibu antara lain: derajat kesehatan ibu dan kesiapan untuk hamil, kualitas pelayanan ante natal yang belum sepenuhnya menjamin terdeteksinya ibu hamil risiko tinggi sedini mungkin, dan terlambatnya mendapatkan pertolongan persalinan bagi ibu yang mengalami kegawatan persalinan. Salah satu upaya untuk mencegah keterlambatan rujukan adalah dengan deteksi dini ibu hamil risiko tinggi untuk melakukan rujukan terencana sehingga mendapatkan pertolongan persalinan yang aman profesional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kepada ibu hamil risiko tinggi terhadap rujukan terencana dan manfaatnya. Desain penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan The Nonrandomized Pretest Postest Design , sampel yang dipilih adalah ibu hamil risiko tinggi trimester III di Pondok Bersalin Puskesmas Mojo dan Puskesmas Semen Kabupaten Kediri. Tehnik sampling yang digunakan random sistematik dengan besar sampel 28 responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu 14 responden sebagai kelompok perlakuan, sedangkan 14 responden sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan sebelum dan sesudah perlakukan menggunakan instrumen soal tes, kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan Uji Statistik Wilcoxon Mann Whitney dengan taraf signifikansi Alpha 0.05. Dari hasil penelitian kepada kelompok perlakuan diperoleh pengetahuan P = 0000 artinya ada pengaruh penyuluhan pada pengetahuan ibu hamil risiko tinggi terhadap rujukan terencana, sikap P = 0.009 artinya ada pengaruh penyuluhan terhadap sikap ibu hamil rujukan terencana sedang sedang rujukan terencana P = 0,034 berarti ada pengaruh penyuluhan terhadap rujukan terencana. Hasil analisis pre test antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol diperoleh pengetahuan P = 0,165 berarti pengetahuan responden pada kelompok kontrol maupun perlakuan homogen, Sikap P = 0,605 artinya sikap responden kelompok perlakuan dan kelompok kontrol homogen. Sebagai kesimpulan bahwa penyuluhan individual / konseling kepada ibu hamil risiko tinggi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap terhadap rujukan terencana. Saran yang disampaikan adalah meningkatkan penyuluhan kepada ibu hamil risiko tinggi suami dan keluarga agar tahu, peduli, sepakat dan gerak dalam merencanakan pertolongan persalinan aman profesional. Dengan demikian akan menurunkan Angka Kematian Ibu di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 21/07 Bud p
Uncontrolled Keywords: Counseling, high risk pregnant, reference planned, Penyuluhan, hamil risiko tinggi, rujukan terencana.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Temu Budiarti, 090013947 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPoedji Rochjati, Dr., dr., Sp.OG KUNSPECIFIED
Thesis advisorHardjono Soeparto, Dr., SKM., Sp.A KUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34229
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item