UPAYA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN RAWAT INAP DI BAGIAN KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSD Dr.H.MOH.ANWAR SUMENEP BERDASARKAN ANALISIS PERILAKU KONSUMEN

Husin Fauzie, 090441778L (2006) UPAYA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN RAWAT INAP DI BAGIAN KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSD Dr.H.MOH.ANWAR SUMENEP BERDASARKAN ANALISIS PERILAKU KONSUMEN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-fauziehusi-6389-tka810-k.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-fauziehusi-6389-tka8107-HLM DPN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-fauziehusi-6389-tka8107FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-fauziehusi-6389-tka8107-min-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi yang kompleks, dinamis, padat modal dan padat karya yang multi disiplin, serta dipengaruhi lingkungan yang selalu berubah. Rumah sakit secara konsisten tetap dituntut untuk menjalankan misinya sebagai institusi pelayanan sosial dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat banyak dan harus selalu memperhatikan etika pelayanannya. Sebagai unit usaha rumah sakit perlu tetap memperhatikan prinsip ekonomi. Rumah sakit dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan pendapataannya untuk bisa membiayai sendiri segala bentuk kegiatannya. Hal ini menuntut pihak pengelola rumah sakit untuk melakukan segala bentuk kegiatan secara efektif dan efisien. RSD Dr H Moh Anwar Sumenep saat ini mengalami problema yang sangat sulit. Rumah sakit dituntut untuk dapat memenuhi semua kebutuhan biaya operasionalnya, tetapi dilain pihak pemanfaatan tempat tidur (BOR) cukup rendah, bahkan pada tahun 2005 21,42 %. Tujuan penelitian ini adalah menyusun upaya pemasaran berdasarkan analisis perilaku konsumen yang meliputi faktor karakteristik sosial, individu, psikologi, proses pengenalan kebutuhan, proses pencarian informasi, dan proses evaluasi alternatif untuk meningkatkan pemanfaatan rawat inap di Bagian Kebidanan dan Kandungan RSD Dr H Moh Anwar Sumenep. Faktor karakteristik yang diteliti adalah karakteristik individu (usia, domisili, pendidikan, pekerjaan, pendapatan), karakteristik psikologi (motivasi, sikap, penilaian, keyakinan), dan karakteristik sosial (kelompok anutan). Faktor proses keputusan pemanfaatan yang diteliti adalah proses pengenalan kebutuhan, proses pencarian informasi, dan proses evaluasi alternatif. Penelitian ini merupakan penelitian survei sebagai rancang bangun utama, dan dilihat menurut waktunya termasuk penelitian crossectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang memanfaatkan rawat inap di Bagian Kebidanan dan Kandungan RSD Dr H Moh Anwar Sumenep dan Bagian Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Pesaing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dengan usia 20 tahun sampai 29 tahun, tingkat pendidikan SLTP kebawah, pekerjaan petani, domisili < 5 km, pendapatan < Rp 1.000.000,-, motivasi tinggi, sikap sangat mendukung, keyakinan baik, rawat inap atas inisiatif sendiri, proses pengenalan kebutuhan baik, dan proses evaluasi alternatif kurang cenderung memanfaatkan rawat inap di Bagian Kebidanan dan Kandungan RSD Dr H Moh Anwar Sumenep.konsumer dengan tingkat pendidikan tinggi, pegawai negeri sipil, domisili > 25 km, pendapatan > Rp 1. 00.000; , sikap kurang mendukung, keyakinan jelek, kelompok anutan dokter dan petugas kesehatan, proses pengenalan kebutuhan cukup, dan proses evaluasi alternatif cukup cenderung tidak memanfaatkan rawat inap di Bagian Kebidanan dan Kandungan RSD Dr H Moh Anwar Sumenep. Upaya pemasaran yang dapat dilakukan oleh RSD Dr H Moh Anwar Sumenep adalah penyebaran informasi melalui media massa, memberikan penjelasan kepada petugas rumah sakit agar memberikan pelayanan yang baik, pemberian informasi kepada konsumen disekitar rumah sakit, menyediakan layanan ambulance untuk mengantar dan menjemput konsumen yang rawat inap, menjalin kerja sama dengan klinik swasta, menjalin kerja sama dengan perusahaan dan instasi swasta yang ada untuk merawat karyawannya yang rawat inap, mengontrak/menambah dokter ahli kandungan dan kebidanan, meninjau ulang alur pelayanan yang berlaku, dan petugas mengenai cara berkomunikasi dengan konsumen. Dari hasil penelitian diharapkan pihak manajemen rumah sakit dapat mengambil langkah awal untuk meningkatkan pemanfaatan rawat inap di Bagian Kebidanan dan Kandungan RSD Dr H Moh Anwar Sumenep dengan memperhatikan perilaku konsumen disekitar rumah sakit. Adapun langkah awal yang dapat dilaksanakan adalah dengan penyebaran informasi melalui media massa yang ada seperti radio dan koran

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 81/07 Fau u
Uncontrolled Keywords: Consumer behaviour, hospitalization decision, marketing.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Husin Fauzie, 090441778LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorS Supriyanto, prof.,Dr.,dr.,S.,MSUNSPECIFIED
ContributorErnawaty, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item