MODEL PELATIHAN BAGI REPORTER DAN PENGOLAH DATA (UP LOADER) SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KAPASITAS PEGAWAI DI DINAS INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROPINSI JAWA TIMUR

Heny Fitriyani, 090410834/L (2007) MODEL PELATIHAN BAGI REPORTER DAN PENGOLAH DATA (UP LOADER) SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KAPASITAS PEGAWAI DI DINAS INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROPINSI JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-fitriyanih-6916-tps580-abs.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-fitriyanih-6916-tps580-m-minA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sesuai dengan visi dan misi dari Dinas Informasi dan Komunikasi Propinsi Jawa Timur yaitu sebagai ujung tombak pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, dengan menggunakan media yang berbasis teknologi informasi diharapkan kebutuhan masyarakat akan informasi dapat terpenuhi. Berdasarkan trendwacthing yang terjadi saat ini dimana kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan informasi yang faster, cheaper , better dan easier saat ini sudah mendesak. Upaya untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia tersebut dibutuhkan pelatihan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan kapasitas individu dan upaya pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara menyeluruh. Pelatihan sebagai salah satu pendekatan yang digunakan untuk peningkatan kemampuan dalam melaksanakan tugas pokok dan mencapai tujuan yang dikenal sebagai pengembangan kapasitas. Pengembangan kapasitas individu yang dilakukan melalui pelatihan merupakan jalur pengembangan di tempat kerja. Pada hakikatnya jalur ini untuk memantapkan profesionalisme pegawai yang dibentuk melalui pelatihan. Dengan biinbingan dan pengalaman terus menerus dalam dunia kerja, maka profesionalisme pegawai akan dapat berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat model pelatihan bagi reporter dan pengolah data (up loader) sebagai upaya pengembangan kapasitas pegawai di Dinas Informasi dan Komunikasi Propinsi Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengidentifikasi dan menganalisis pelatihan yang ada, mengkajinya secara teoritis serta menganalisis pelatihan yang dibutuhkan bagi reporter dan pengolah data (up loader) sebagai pendekatan yang digunakan dalam pengembangan kapaitas pegawai. Responden penelitian berjumlah 20 orang, adalah reporter dan pengolah data (up loader) yang berada di Subdinas Media Informasi dan Subdinas Hubungan Masyarakat. Data diproses dengan menggunakan SPSS versi 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya analisis kebutuhan pelatihan baik yang menyangkut analisis kebutuhan peserta, tugas dan kebutuhan organisasi. Materi dan media disesuaikan dengan analisis kebutuhan sebagai hasil dari identifikasi kebutuhan pelatihan serta disesuaikan pula dengan perkembangan kejurnalistikan dan teknologi informasi. Metode yang dipakai adalah on job training. Pelatih yang dibutuhkan adalah pelatih yang ahli di bidangnya, pelatih yang berpengalaman di bidangnya. Efektivitas lamanya pelatihan 1 minggu dan dilakukan secara kontiyu, semakin lama suatu pelatihan diharapkan dapat meningkatkan mutu peserta serta; Evaluasi pelatihan dilaksanakan sesuai dengan model The Kirkpatrick yang merekomendasikan adanya empat tingkatan (level) sebagai basis evaluasi yaitu : tingkat reaksi, tingkat pembelajaran, tingkat perilaku dan tingkat dampak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 58/07 Fit m
Uncontrolled Keywords: Training, Capacity Building and Human Resources Development.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
Heny Fitriyani, 090410834/LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarjo, -UNSPECIFIED
ContributorJusuf Irianto, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34272
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item