PENGARUH TANGGUNG JAWAB DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI KERJA PETUGAS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEHUTANAN PROPINSI JAWA TIMUR BALAI TAHURA R. SOERJO MALANG

Endang Handayani, 090410841 L (2007) PENGARUH TANGGUNG JAWAB DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI KERJA PETUGAS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEHUTANAN PROPINSI JAWA TIMUR BALAI TAHURA R. SOERJO MALANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-handayanie-6600-tps280-k.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-handayanie-6600-tps280-p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini pembangunan kehutanan diarahkan pada pengelolaan sumberdaya hutan untuk masyarakat kini dan masyarakat masa depan, melalui pemanfaatan secara bijaksana dengan sasaran terciptanya kondisi hutan dan sumberdaya alam hayati lainnya, yang dapat terjamin keberadaannya dan dapat berfungsi secara optimal. Sebagai wujud tanggung jawab sosial Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, kegiatan pengelolaan hutan khususnya di Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat. Kebijakan tersebut dikenal dengan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat atau Community Based Forest Management (CBFM). Keberhasilan program CBFM tidak terlepas dari kemampuan petugas dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kelestarian hutan. Oleh karena itu diperlukan tanggung jawab dan kreativitas yang tinggi dari petugas agar dapat memberikan prestasi kerja yang terbaik bagi instansi maupun bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tanggung jawab dan kreativitas terhadap prestasi kerja petugas di UPT Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur Balai Tahura R. Soerjo Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Responden penelitian berjumlah 17 orang, adalah petugas di seksi wilayah Balai Tahura R. Soerjo Malang yang meliputi seksi wilayah Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Jombang. Sebagai variabel bebas adalah tanggung jawab dan kreativitas, sedangkan sebagai variabel terikat adalah prestasi kerja petugas. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Multiple Rank Regression, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Jaeckel Hettmansperger-McKean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tanggung jawab dan kreativitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja petugas. Hasil ini dapat dilihat dari nilai HM yaitu sebesar 7,8153 lebih besar dari nilai #935;2 untuk = 0,05 dan df = 2, yaitu 5,991. Berdasarkan hasil tersebut, maka organisasi perlu menyelenggarakan program-program yang dapat meningkatkan tanggung jawab dan kreativitas dalam rangka meningkatkan prestasi kerja petugas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 28/07 Han p
Uncontrolled Keywords: Responsibility; creativity; performance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
Endang Handayani, 090410841 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarjo, Dr., dr., MS., MScUNSPECIFIED
ContributorAgus Syamsuddin, SH., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item