Manajemen Kinerja Berbasis Strategi Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur ditinjau dari Rerangka Balanced Scorecard

Alina Widya Susestu (2008) Manajemen Kinerja Berbasis Strategi Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur ditinjau dari Rerangka Balanced Scorecard. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-susestuali-8050-tea16_0-k.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-kkbkk2tea1-7835-tea16_08-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep Balanced Scorecard menterjemahkan misi dan strategi organisasi ke dalam seperangkat pengukuran performansi yang komprehensif, yang menetapkan rerangka untuk suatu pengukuran strategik dan sistem manajemen. Pengukuran performansi organisasi ini menggabungkan dengan seimbang empat perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Konsep Balanced Scorecard dikembangkan untuk membantu manajemen mengendalikan kegiatan operasional secara keseluruhan. Balanced Scorecard ditujukan untuk menjawab kelemahan utama proses manajemen tradisional, yaitu ketidakmampuan proses manajemen tradisional dalam menghubungkan strategi jangka panjang dengan kegiatan operasional perusahaan. Dalam sistem manajemen kinerja terpadu, kinerja direncanakan dan diwujudkan secara bersistem melalui sistem manajemen strategik, yang difokuskan untuk melipatgandakan kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Bank Jatim. Pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem manajemen kinerja terpadu berbasis strategi Bank Jatim ditinjau dari kerangka Balanced Scorecard? agar Bank Jatim dapat lebih menjadi pendorong ekonomi daerah dan meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada nasabah maupun seluruh pemegang saham melalui manajemen kinerja berbasis strategi. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana penerjemahan misi, visi, tujuan,keyakinan dasar, nilai dasar, dan strategi di Bank Jatim ditinjau dari kerangka Balanced Scorecard sehingga penelitian ini diarahkan untuk dapat menghasilkan suatu peta strategi beserta tolok ukur kinerjanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti analisis data model Miles dan Huberman yang dikutip dalam Sugiyono (2005). Model analisis data ini mencakup data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa Bank Jatim telah berusaha menedemahkan visi dan misi ke dalam sasaran-sasaran strategi namun sasaran¬sasaran strategi Bank Jatim tersebut belum menunjukkan hubungan sebab akibat sehingga melalui kerangka Balanced Scorecard dalam penelitian ini diharapkan akan lebih memudahkan pemahaman terhadap apa yang ingin dicapai perusahaan agar setiap unit organisasi pada setiap level selaras dalam mencapai visi,misi, tujuan dan sasaran strategis Bank Jatim. Dalam penelitian ini, sistem manajemen kinerja itu sendiri akan menghasilkan company scorecard yaitu peta strategi yang digunakan untuk penetapan ukuran kinerja dan inisiatif strategi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 16/08 Sus m
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Strategy mapping, the performance measuring rod.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Alina Widya SusestuNIM090415373 M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang TjahjadiNIDN0004025702
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 27 May 2021 04:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34332
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item