Imelda E. Najoan, 090315074M (2006) KEPUASAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM. KEGIATAN OPERASIONAL DI COCO SUPERMARKET MANADO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-najoanimel-6667-tea35_0-k.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-najoanimel-6667-tea35_07-min.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan pemakai merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan karena kepuasan yang dirasakan oleh pemakai dalam menggunakan Teknologi Informasi merupakan salah satu tolak ukur dalam menilai keberhasilan dari pemanfaatan Teknologi Informasi. Merupakan tolak ukur karena dengan pemakai merasa puas atas Teknologi Informasi maka akan semakin sering pemakai menggunakan Teknologi Informasi tersebut. Dengan terciptanya kepuasan pemakai atas pemanfaatan Teknologi informasi maka diharapkan akan lebih memperlancar kegiatan operasional dalam supermarket dan juga secara otomatis akan turut memperlancar kelangsungan bisnis dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untul; mengetahui kepuasan pemakai terhadap pemanfaatan Teknologi Inlormasi dalam kegiatan operasional di COCO Supermarket. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan observasi serta wawancara secara mendalam terhadap para pemakai berdasarkan level pemakai _yaitu operational level, supervisor level, manager level dan top manajer level, serta mengevaluasi kepuasan yang dirasakan oleh para pemakai atas pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa para pemakai yang terdiri atas kasir, head cashier dan manager department purchase, manager dan top manager merasa puas dalam hal-hal berikut pengoperasian, ketepatan waktu, kesesuaian dengan yang dibutuhkan, pendokumentasian, sistem keamanan, penganggaran atau dana, peningkatan kenyamanan, terbinanya hubungan yang balk dengan IS unit, keterlibatan dalam manajemen sistem, pengetahuan mengenai bisnis oleh IS unit dan profesionalisme oleh IS unit. Namun, ada beberapa hal yang dirasakan kurang puas oleh para pemakai yaitu keakuratan dan kelengkapan informasi serta pengaksesan. Jadi dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan para pemakai merasa puas akan pemanfaatan teknologi informasi yang ada, walaupun masih ada hal yang dirasakan kurang puas. Akan tetapi, rasa kurang puas ini tidak sampai berpengaruh terhadap kepuasan pemakai secara menyeluruh terhadap pemanfaatan teknologi informasi karena para pemakai menyadari bahwa kekurangakuratan dan kekuranglengkapan informasi yang terjadi bukan disebabkan oleh kesalahan sistem, tetapi semata-mata karena adanya human error. Oleh karena itu, untuk memperkecil terjadinya human error maka perlu adanya pengawasan yang lebih terhadap pihak EDP terutama yang bertugas dalam memasukkan data-data agar supaya tidak lags terjadi kesalahan-kesalahan dalam pemasukkan data. Sehingga dengan demikian, maka para pemakai akan merasa lebih puas atas pemanfaatan Teknologi Informasi yang ada.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TEA 35/07 Naj k | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Information technology usage, users satisfaction | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment |
|||||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jan 2019 03:49 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34403 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |