PENGARUH ORGANIZATIONAL PERCEPTION TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS DENGAN AFFECTIVE ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA)

Elly Yuniar Nitawati, 090510854 L (2008) PENGARUH ORGANIZATIONAL PERCEPTION TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS DENGAN AFFECTIVE ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-nitawatiel-7797-abstrak.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan untuk berkembang didalam organisasi, mengalami pertumbuhan dan peningkatan karir, serta menerima imbalan yang sepadan, dapat memacu kinerja yang cemerlang dan sikap positif terhadap pekerjaan. Untuk dapat meningkatkan kinerja dari karyawan, maka karyawaan itu sendiri membutuhkan dukungan dari organisasi tempat mereka bekerja. Penelitian ini akan membahas mengenai Organizational perception, yang akan dibagi menjadi dua yaitu, baik berupa persepsi terhadap dukungan organisasi (Perceived Organizational Support � POS) maupun persepsi terhadap kesempatan dalam memperoleh imbalan (Perceived Opportunity for Reward - POR). Persepsi organisasi ini yang nantinya akan dibubungkan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB), melalui variabel mediasi yaitu Affective Organizational Commitment (AOC). Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara variabel POS dan POR terhadap OCB, bila melatui variabel AOC. Sampel yang diambil yaitu karyawan bagian administrasi Universitas Bhayangkara sebanyak 103 orang. Karyawan bagian administrasi Universitas Bhayangkara Surabaya akan diminta persepsinya untuk menilai Organizational Perception dan Affective Organizational Commitment, sedangkan atasan langsung mereka akan memberikan penilaian mengenai Organizational Citizenship Behaviors yang ada pada karyawan tersebut. Metode statistik yang digunakan yaitu Structural Equation Model, maka diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung, antara variabel POS dan POR terhadap OCB. Nilai koefisien path yang dihasilkan pada pengaruh langsung pada POS terhadap OCB adalah sebesar 0,956 dengan arah positif Pengaruh langsung pada POR terhadap OCB menghasilkan koefisien sebesar 0,400 dengan arah negatif. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung POS terhadap OCB melalui AOC memiliki koefisien sebesar 0,097 dengan arah negative. Pengaruh tidak langsung POR terhadap OCB melalui AOC memiliki koefisien sebesar 0,027 dengan arah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh yang terjadi pada POS terhadap OCB adalah pengaruh langsung, karena koefisien pengaruh langsung lebih besar daripada koefisien pengaruh tidak langsung (0,956 > 0,097) dengan arah positif. Sedangkan pengaruh yang terjadi pada POR terhadap OCB adalah pengaruh langsung juga, karena koefisien pengaruh langsung lebih besar daripada koefisien pengaruh tidak langsung (0,400 > 0,027) dengan arah negatif Namun pengaruh ini kecil karena berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 04/08 Nit p
Uncontrolled Keywords: Perceived Organizational Support, Perceived Opportunity for Reward, Affective Organizational Commitment, Organizations Citizenship Behavior, and Structural Equation Model
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Elly Yuniar Nitawati, 090510854 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPRAPTINI YULIANTI, Dra. Ec. M.Si.UNSPECIFIED
ContributorY. LILIK RUDIANTO, SE.,MBA.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 20 Mar 2019 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34407
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item