PENGARUH LINGKUNGAN TOKO TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI KE McDONALDS PLAZA TUNJUNGAN I SURABAYA MELALUI PERSEPSI PELANGGAN ATAS WAKTU TUNGGU

NOVITA, 090415390 M (2007) PENGARUH LINGKUNGAN TOKO TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI KE McDONALDS PLAZA TUNJUNGAN I SURABAYA MELALUI PERSEPSI PELANGGAN ATAS WAKTU TUNGGU. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-novita-6799-te51_07-k.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-novita-6799-te51_07.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan menunggu untuk dilayani di dalam toko memiliki dampak yang negatif bagi pelanggan. Hal tersebut akan merugikan waktu pelanggan serta dapat mengganggu psikis pelanggan. Menunggu dapat menimbulkan perasaan bosan dan jenuh bagi pelanggan, bahkan akan mengakibatkan stress bagi pelanggan yang terpaksa harus lama menunggu. Sebagian besar dari pelanggan tidak dapat memperkirakan secara pasti tentang lamanya waktu tunggu yang telah mereka alami. Sebagian pelanggan menganggap bahwa waktu tunggu terasa lebih lama daripada waktu tunggu aktualnya, sedangkan sebagian lagi menganggap bahwa waktu tunggu terasa lebih pendek daripada waktu tunggu aktualnya. Persepsi pelanggan atas waktu tunggu pada suatu toko dipengaruhi oleh situasi dari lingkungan toko. Selanjutnya, persepsi pelanggan atas waktu tunggu berdampak pada niat mereka untuk berkunjung kembali ke toko tersebut. Penelitian ini melakukan analisis tentang apakah faktor lingkungan toko mempengaruhi persepsi pelanggan atas waktu tunggu, dan apakah penilaian tersebut mempengaruhi niat mereka untuk berkunjung kembali ke McDonalds PT I Surabaya. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan sebuah model analisis yang mencakup : Empat faktor lingkungan toko (ambient, fisik, sosial dan simbol) sebagai variabel bebas. Persepsi pelanggan atas waktu tunggu sebagai variabel antara. Niat berkunjung kembali sebagai variabel tergantung. Hasil penelitian menyatakan bahwa persepsi pelanggan atas waktu tunggu dipengaruhi oleh situasi ambient dalam toko, situasi fisik dalam toko, situasi sosial dalam toko dan simbol dalam toko. Penelitian juga menunjukkan bahwa niat berkunjung kembali dipengaruhi oleh persepsi pelanggan atas waktu tunggu. Selanjutnya, peneliti membuat kesimpulan dengan cara pembahasan basil penelitian untuk memberikan saran bagi penelitian selanjutnya dan penerapan manajerial.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 51/07 Nov p
Uncontrolled Keywords: Store environment, wait for service.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NOVITA, 090415390 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Wahyuni Astuti, Dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Jul 2019 00:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item