PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEBERSIHAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS WAJIB RETRIBUSI PADA DINAS PASAR DAN KEBERSIHAN KOTA BATAM

PEBRIALIN, 090114653M (2006) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEBERSIHAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS WAJIB RETRIBUSI PADA DINAS PASAR DAN KEBERSIHAN KOTA BATAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-pebrialin-6790-te4207-k.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-pebrialin-6790-te4207.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi wajib retribusi tentang kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pada Dinas Pasar dan Kebersihan Kota Batam, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama. Penelitian dilaksanakan di Kota Batam dan metode penelitian survei dengan responden penelitian adalah pelanggan Dinas Pasar dan Kebersihan Kota Batam berjumlah 150 responden, yang dipilih berdasarkan teknik proportional stratified. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Variabel di dalam penelitian ini terdiri dari variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel eksogen merupakan variabel independen, sedangkan variabel endogen terdiri dari variabel intervening dan variabel dependen 1) Variabel Eksogen (Independen): Persepsi Wajib Retribusi tentang Kualitas Pelayanan (X) 2) Variabel Endogen (Intervening): Kepuasan Wajib Retribusi (Y1) 3) Variabel Endogen (Dependen): Loyalitas Wajib Retribusi (Y2) Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan Permodelan Persamaan Struktural (Structural Equation Modelling/SEM). Persepsi Wajib Retribusi tentang Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wajib Retribusi. Koefisien jalur standardize = 0,871 dengan p = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan Persepsi Wajib Retribusi tentang Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Retribusi, yaitu semakin baik persepsi wajib retribusi tentang kualitas pelayanan maka kepuasan wajib retribusi akan meningkat. Kepuasan Wajib Retribusi berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wajib Retribusi. Koefisien jalur standardize = 0,483 dengan p. = 0,041. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan Kepuasan Wajib Retribusi terhadap Loyalitas Wajib Retribusi, yaitu semakin merasa puas wajib retribusi, mereka semakin loyal. Persepsi Wajib Retribusi tentang Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wajib Retribusi. Koefisien jalur standardize = 0,018 dengan p = 0,937. Walaupun pengaruh langsung Persepsi Wajib Retribusi tentang Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Wajib Retribusi non-signifikan, akan tetapi pengaruh tidak Iangsungnya melalui Kepuasan Wajib Retribusi adalah signifikan. Dalam hal ini, Persepsi Wajib Retribusi tentang Kualitas Pelayanan berpengaruh tidak Iangsung terhadap Loyalitas Wajib Retribusi melalui Kepuasan Wajib Retribusi adalah positif signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 42/07 Peb p
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Customers Satisfaction and Customer Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
PEBRIALIN, 090114653MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuroso Imam Zadjuli, Prof. Dr., SEUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 06:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item