Pengembangan Model Kemampuan Aparat Pemerintahan Desa KepuhKiriman dalam Merespon Perkembangan Masyarakat

Rachman Sidharta Arisandi, 090515622M (2006) Pengembangan Model Kemampuan Aparat Pemerintahan Desa KepuhKiriman dalam Merespon Perkembangan Masyarakat. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-rachmansid-7975-tps080-k.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-rachmansid-7780-tps0808.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen pemerintahan desa seringkali tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, oleh karena itu pemerintahan desa tidak pernah berhasil dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik, hal ini disebabkan oleh pemahaman dan kemampuan pegawai yang meliputi tiga hal, seperti pemahaman dan kemampuan pada tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki oleh kepala desa dan BPD. Dengan menggunakan beberapa teori dan konsep, yakni teori model, kebijakan, kompetensi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerintahan desa pada tugas, fungsi dan kewenangannya, penelitian ini juga menganalisis model pengembangan apa yang bisa dilakukan untuk membantu pemerintah desa dalam menyelesaikan masalah, terutama yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah desa. Penelitian ini mengambil desa Kepuhkiriman Waru Sidoarjo, sebagai obyek penelitian, berhubungan dengan pelaksanaan pemerintahan desa Kepuhkiriman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deep interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pelaku pemerintahan desa tidak memahami tugas, fungsi dan kewenangan mereka, terutama kepala desa. Hal ini disebabkan oleh kurang mampunya kepala desa dalam menggunakan kewenangannya dengan baik. Kedua, hasil dari analisis pengembangan model menunjukkan bahwa model tersebut bisa diterapkan dalam rekruitmen Bapendes, dimana hal itu bisa membantu pemerintahan desa dalam merespon perkembangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 08/08 Ari p
Uncontrolled Keywords: Pemerintahan desa
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Rachman Sidharta Arisandi, 090515622MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHaryono Suyono, Prof., MA, Ph.DUNSPECIFIED
ContributorSunarjo, Dr., dr.,MS.,MScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Feb 2019 08:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item