ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN ULANG MENURUT KONSUMEN PENYEWA KOMPUTER DI KOTATIF JEMBER

Pramono Adi Sardjono, 099813210M (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN ULANG MENURUT KONSUMEN PENYEWA KOMPUTER DI KOTATIF JEMBER. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-sardjonopr-6741-te3607-k.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-sardjonopr-6741-te3607-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menjelang era globalisasi, persaingan antar perusahaan tidak dapat dihindari lagi, demikian juga yang terjadi dalam bisnis jasa rental computer. Para pengusaha rental computer berusaha memberi pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Strategi mempertahankan pelanggan yang sudah ada saat ini menjadi sangat penting sekali dibandingkan dengan prinsip-prinsip klasik yang menekankan usaha-usaha untuk memperoleh pelanggan baru. Masalah yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah pengaruh fakor-faktor yang dibentuk oleh variabel-variabel hasil eksplorasi terhadap keputusan pemakaian ulang menurut konsumen penyewa komputer di kotatif Jember, dan untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa rental komputer yang menyewa komputer berulangkali (minimal 5 kali) pada rental yang sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel eksidental. Ukuran sampel sesuai dengan perhitungan ditetapkan sebanyak 140 responden. Berdasarkan hasil temuan/eksplorasi di lapangan diketemukan 28 variabel yang diduga mempengaruhi keputusan pemakaian ulang menurut konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis faktor (factor analysis) untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemakaian ulang konsumen, dan analisis linear berganda untuk menguji hipotesis. Dari hasil analisis faktor hanya satu variabel yang harus dikeluarkan karena mempunyai faktor (Loading Factor) kurang dari 0,50, yaitu variabel keamanan parkir (X14). Nilai eigen value yang lebih 1,00 ada sebanyak 7 (tujuh), sehingga dari 27 variabel membentuk 7 (tujuh) kelompok yang disebut faktor (variabel bebas), faktor-faktor tersebut terdiri atas Fasilitas (F1), kualitas layanan (F2), harga (F3), referensi (F4), jarak (F5), keistimewaan lokasi (F6), dan promosi (F7). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas, kualitas layanan, harga, referensi, jarak, keistimewaan lokasi, dan promosi, secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pemakaian ulang konsumen dalam menyewa komputer. Hipotesis penelitian yang berbunyi ada beberapa faktor yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemakaian ulang konsumen dalam menyewa komputer se Kotatif Jember telah terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung yang diperoleh sebesar 151,305 sedangkan Ftabel sebesar 2,07 dengan taraf kepercayaan 95%. Secara bersama-sama sumbangan faktor-faktor terhadap variabel tergantung sebesar 88,90%., sedangkan sisanya dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Berdasarkan koefisien parsial (R2) variabel fasilitas mempunyai pengaruh yang lain dominan yaitu sebesar 25,50%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pengelola rental komputer dalam menentukan strategi pemasaran jasanya. Segmantasi pasar berdasarkan jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan serta pengembangan bauran pemasaran (marketing mix) untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 36/07 Sar a
Uncontrolled Keywords: Computer, factor, customer, rental
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
L Education > LC Special aspects of education > LC1022-1022.25 Computer-assisted education
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Pramono Adi Sardjono, 099813210MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDY. Lilik Rudianto, Drs. , MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Jun 2017 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34492
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item