Analisis Dimensi Self Concept Terhadap Consumer Traits Dan Sikap Atas Bandwagon Luxury Consumption

Dian Ananta Pertiwi (2015) Analisis Dimensi Self Concept Terhadap Consumer Traits Dan Sikap Atas Bandwagon Luxury Consumption. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (731kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2023.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2023.

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2023.

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2023.

Download (528kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya industri barang mewah membuat klasifikasi barang mewah saat ini lebih beragam bahkan terdapat beberapa kategori-kategori baru seperti barang mewah accessible super premium, old luxury brand extensions dan mass prestige.Dalam penelitian ini berfokus pada barang mewah mass prestige dimana kategori mass prestige memiliki nilai kemewahan dan prestige yang tidak kalah baiknya dengan barang mewah kelas atas namun dari segi harga jauh lebih terjangkau sehingga peminatnya pun sangat banyak terutama pada anak muda. Penelitian ini menganalisis bagaimana konsep diri seseorang dapat mempengaruhi karakteristik seperti kebutuhan konsumen terhadap keunikan, konsumsi status dan kepekaan konsumen terhadap pengaruh normatif, dan sikap mereka dalam menyikapi fenomena bandwagon luxury consumption yang ditimbulkan karena efek dari bandwagon itu sendiri.Penelitian ini dilakukan dengan metode Structural Equation Model. Total partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 362 orang terdiri dari mahasiswa yang berasal dari empat jurusan yakni Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Islam dan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UNAIR yang memiliki konsep diri independent cenderung lebih konsumtif dan mudah terpengaruh oleh preferensi lingkungan sekitar berkebalikan dengan mahasiswa FEB UNAIR yang memiliki konsep diri saling tergantung.Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki konsep diri independent lebih suka untuk tampil beda dan mereka menghindari untuk ikutikutan dalam mengkonsumsi barang mewah mass prestige.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 98/15 Per a
Uncontrolled Keywords: SELF CONCEPT; CONSUMER TRAITS; BANDWAGON LUXURY CONSUMPTION
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Dian Ananta PertiwiNIM041112250
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir SukocoNIDN0021035212
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2015 12:00
Last Modified: 04 May 2020 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3453
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item