MODEL DISKRIPSI PEKERJAAN BERBASIS KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA

Sunarto, 090410731L (2006) MODEL DISKRIPSI PEKERJAAN BERBASIS KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-sunarto-6599-tps300-k.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-sunarto-6599-tps300-m.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diskripsi pekerjaan merupakan dokumen dasar bagi pengembangan sumber daya manusia yang harus senantiasa dimutakhirkan. Diskripsi pekerjaan bagi tenaga kependidikan (karyawan non edukatif) Fakultas Teknologi Industri - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (FTI-ITS) selama ini disusun berdasarkan Buku II Uraian Jabatan Nonstruktural di lingkungan ITS yang dibuat pada tahun 1995. Seiring dengan perubahan lingkungan eksternal dan internal organisasi, diskripsi pekerjaan bagi tenaga kependidikan di Fakultas Teknologi Industri ITS juga harus dirubah. Perubahan diskripsi pekerjaan tersebut disesuaikan dengan visi dan misi organisasi. Untuk mendukung proses pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi, diperlukan tenaga-tenaga yang mempunyai kompetensi sesuai bidang pekerjaannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model diskripsi pekerjaan berbasis kompetensi bagi tenaga kependidikan (karyawan non edukatif) agar mempunyai kompetensi sesuai bidang pekerjaannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kependidikan Fakultas Teknologi Industri ITS yang berjumlah 201 orang. Tenaga kependidikan tersebut tersebar pada 10 unit kerja, mulai di tata usaha fakultas hingga ke jurusan dan program studi. Tenaga kependidikan ini terbagi dalam empat sub bagian, yaitu sub bagian kepegawaian dan keuangan, sub bagian pendidikan, sub bagian umum dan perlengkapan serta sub bagian kemahasiswaan dan hubungan alumni. Dalam penelitian ini tenaga kependidikan dibagi 3 kelompok yaitu bidang administrasi, teknisi dan laboran. Dari 201 populasi, dengan metode proportional random sampling dan nomogram Harry King ditetapkan besar sampel adalah 49 orang. Pengumpulan data diawali dengan observasi lapangan dan dilanjutkan dengan wawancara kepada responden. Hasil dari pengumpulan data ini ditindak lanjuti dalam focus group discussion yang dihadiri oleh Pembantu Dekan II, Kepala Bagian, para Kepala Sub Bagian dan wakil karyawan. Hasil akhir dari focus group discussion ini adalah susunan model diskripsi pekerjaan berbasis kompetensi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 30/07 Sun m
Uncontrolled Keywords: Job description, competency, non-educative staff
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
Sunarto, 090410731LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof., dr.M.PH.,Dr.PH.UNSPECIFIED
Thesis advisorJusuf Irianto, Dr., Drs.,M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 06:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item