PENGARUH LEVERAGE KEUANGAN, KEBIJAKAN KEUANGAN JANGKA PENDEK, TOTAL RISIKO TERHADAP RETURN PERUSAHAAN: STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MASUK PADA LQ 45

Arif Puji Susilo, 090110187 L (2005) PENGARUH LEVERAGE KEUANGAN, KEBIJAKAN KEUANGAN JANGKA PENDEK, TOTAL RISIKO TERHADAP RETURN PERUSAHAAN: STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MASUK PADA LQ 45. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-susiloarif-6744-te3507-k.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-susiloarif-6744-te3507-p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage keuangan, kebijakan keuangan jangka pendek, total risiko terhadap return perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk di LQ 45 Bursa Efek Jakarta dalam tahun 1999-2003. Untuk menghasilkan penelitian yang akurat, maka sampel yang digunakan terdiri dari 125 perusahaan yang diambil dari LQ 45 selama periode penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model persamaan struktural (structural equation model = SEM) dan proses analisis menggunakan program aplikasi SPSS 11.0 dan AMOS (Analysis of Moment Structure) versi 4.01. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Leverage keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap total risiko. Peningkatan pada leverage keuangan, akan meningkatkan total risiko perusahaan. Hal ini akan mengakibatkan semakin tingginya risiko yang dihadapi perusahaan, terutama apabila kondisi perekonomian memburuk. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebijakan keuangan jangka pendek berpengaruh positif signifikan terhadap total risiko. Semakin kecil kebijakan keuangan jangka pendek, akan menyebabkan semakin kecilnya total risiko perusahaan. Strategi kebijakan keuangan agresif yang diterapkan oleh perusahaan, dapat menurunkan sensitivitas perusahaan dalam menghadapi perubahan pasar. Temuan penelitian selanjutnya, menunjukkan bahwa Leverage keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap return saham perusahaan. Besarnya leverage perusahaan akan berpengaruh terhadap return saham. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin besar leverage keuangan, akan cenderung meningkatkan harga saham. Hal ini disebabkan karena peningkatan leverage merupakan sinyal positif yang diterima oleh investor. Investor beranggapan bahwa peningkatan leverage akan dipergunakan untuk investasi yang diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Temuan penelitian selanjutnya juga menunjukkan bahwa kebijakan keuangan jangka pendek berpengaruh positif signifikan terhadap return perusahaan. Strategi kebijakan keuangan agresif maupun konservatif yang diterapkan oleh perusahaan akan mempengaruhi return saham perusahaan. Temuan penelitian menunjukkan pula bahwa total risiko tidak berpengaruh terhadap return perusahaan. Kemungkinan terdapat faktor-faktor lain di luar risiko yang mempengaruhi return perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 35/07 Sus p
Uncontrolled Keywords: Financial leverage, short term financial policy, total risk, company return
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Arif Puji Susilo, 090110187 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSETYANINGSIH, Prof. Dr. Hj. SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 06:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item