Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan dan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional III (BKN-KANREG III) Bandung

Arifin Faisal Tarigan, 090515626M (2007) Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan dan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional III (BKN-KANREG III) Bandung. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-tariganari-6817-tps510-k.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-tariganari-6817-tps510-p-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang sangat penting dan berperan dalam pencapaian kinerja suatu organisasi. Kinerja organisasi merupakan akumulasi dari kinerja pegawai. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh karakteristik individu, pekerjaan dan organisasi. Dalam penelitian ini, karakteristik individu diukur melalui: kemampuan, kebutuhan berprestasi dan pengalaman. Karakteristik pekerjaan diukur melalui: keanekaragaman tugas, identitas tugas, keberartian tugas, otonomi dan umpan balik. Karakteristik organisasi diukur melalui: struktur, kepemimpinan dan imbalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1). pengaruh dari karakteristik individu terhadap kinerja pegawai; (2). pengaruh dari karakteristik pekerjaan terhadap kinerja pegawai; (3). pengaruh dari karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai; (4). pengaruh tidak langsung dari karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai melalui karakteristik pekerjaan; (5). pengaruh tidak langsung dari karakteristik pekerjaan terhadap kinerja pegawai melalui karakteristik individu. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel laten eksogen dengan variabel laten endogen melalui pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian ini sebagai 135 orang pegawai BKN-Kanreg III Bandung. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Model Persaman Struktural (Structural Equation Modeling). SEM merupakan suatu pendekatan terintegrasi antara analisa faktor, analisa jalur dan regresi. Proses perhitungan dalam pengujian hipotesis tersebut dilakukan dengan alat bantu program komputer, yaitu: LISREL versi 8.30. Hasil penelitian, sebagai berikut: (1).karakteristik individu berpengaruh secara langsung terhadap kinerja pegawai, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,63 (=0,05); (2). karakteristik pekerjaan berpengaruh secara langsung terhadap kinerja pegawai secara signifikan, dengan koefisien jalur sebesar 0,37(=0,05); (3).pengaruh karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai tidak signifikan, diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,04 (=0,05); (4).karakteristik organisasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui dua jalur, yaitu: pengaruh tidak langsung karateristik organisasi terhadap kinerja pegawai melalui karakteristik pekerjaan (dengan nilai koefisien sebesar 0,25); dan pengaruh tidak langsung karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai melalui karakteristik pekerjaan dan karakteristik individtt sebesar (dengan nilai koefisien sebesar 0,29); (5).karakteristik pekerjaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui karakteristik individu, dengan nilai koefisien sebesar 0,43 (=0,05).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 51/07 Tar p
Uncontrolled Keywords: Individual characteristics, job characeristics, organizational characeteristics, individual performance.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Arifin Faisal Tarigan, 090515626MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof., dr., MPH., DrPH.UNSPECIFIED
Thesis advisorSunarjo, Dr., dr., MS., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 04 Mar 2019 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item