Representasi Identitas Orientalisme Visual Image Massively-Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG)

Kartika Kusuma Wardani, 090510981L (2008) Representasi Identitas Orientalisme Visual Image Massively-Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-wardanikar-7543-abstract-8.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
13.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan mengungkap secara mendalam mengenai identitas orientalisme dengan menggunakan pendekatan visual culture dalam game bergenre Massively-Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG). Game yang diteliti merupakan game bergenre MMORPG yang menggunakan narasi oriental. Oriental yang merupakan obyek studi dan orientalisme sebagai salah satu jenis studi sedang orientalisme merupakan istilah yang digunakan bangsa Barat dalam usahanya membentuk kepemimpinan budaya dominan terhadap budaya yang tidak dominan (hegemoni). Identitas orientalisme tersebut merupakan hasil perjalanan sejarah-sosial yang tertuang dalam visual image yang terdiri dari elemen animasi berupa physical performance character, particle systems, artificial life dan behavioral animation. Game bertema oriental yang menampilkan identitas orientalisme menjadi menarik ketika game tersebut diproduksi oleh produsen asal dunia belahan Timur. Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengungkap identitas orientalisme yang direpresentasikan dalam visual image game online melalui eksplorasi screenshoot elemen anirnasi physical performance character, particle systems, artificial life dan behavioral animation yang mengindikasikan gejala orientalisme dan menganalisis dalam konteks orientalisme melalui oposisi biner. Kekhususan dalam melihat identitas orientalisme dalam screenshoot game bertema oriental tersebut dengan menggunakan visual culture dalam tradisi semiotika. Pembacaan visual image dilakukan dengan memilah berdasarkan sintagma paradigma dalam physical performance character, particle systems, artificial life dan behavioral animation. Identitas orientalisme yang merupakan sebuah bentuk hegemoni bangsa Barat memiliki kesamaan representasi meski produsennya berasal dari belahan Timur. Dominasi budaya antara yang kuat dan yang lemah tidak hanya terjadi antara budaya Barat dan Timur tetapi juga dalam budaya Timur juga mengalami hal yang serupa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.05/08 War r
Uncontrolled Keywords: Representation, Visual Culture, Identity, Orientalism, Massively-Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Kartika Kusuma Wardani, 090510981LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., Ph. D.UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Sutarsih Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 May 2019 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item