Model Penilaian Kinerja (SMK) pada Bagian Operasional di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri

Derlajat Wibisono, 090510874L (2007) Model Penilaian Kinerja (SMK) pada Bagian Operasional di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-wibisonode-7918-abstract-8.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-wibisonode-7727-tps0108.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kinerja merupakan suatu alat yang tidak hanya berguna untuk mengevaluasi kinerja karyawan tetapi juga untuk mengembangkan dan memotivasi kalangan karyawan. Penilaian kinerja di BRI menggunakan form SMK (Sistem Manajemen Kinerja) yang sudah baku begitu juga di BRI kantor cabang Kediri namun hal ini tidak diikuti dengan operasionalisasi yang bagus sehingga mengakibatkan hasil penilaian yang kurang optimal. Identifikasi permasalahan operasionalisasi penilaian kinerja ini mengerucut pada tiga hal yaitu: 1. Kurangnya kompetensi dari supervisor dalam hal menilai, 2. alur penilaian yang dimulai dari pekerja (self asessment), 3. Kurangnya sosialisasi kepada pekerja operasional mengenai pengaruh serta implikasi penilaian kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pelaksanaan penilaian kinerja (SMK) yang sesuai pada bagian operasional yang dibatasi pada penilai, yang dinilai serta alur penilaian. Populasi pada penelitian ini adalah 32 pekerja operasional di BRI kantor cabang Kediri yang juga merupakan sampel penelitian. Pekerja pada bagian operasional tersebut terbagi menjadi 4 bagian yaitu: 1. Kas, 2. Administrasi kredit, 3. Pelayanan Internal, 4. Dana dan jasa. Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Model yang dibangun diambil dengan menggunakan pendekatan induktif maupun deduktif. Pendekatan induktif dengan cara mengidentifikasi model empiris yaitu apa yang diinginkan oleh responden. Pendekatan deduktif dengan cara mendialektikan model empiris tersebut dengan teori-teori yang relevan serta ditunjang dengan buku pedoman penilaian kinerja yang dikeluarkan oleh BRI (model teoritis). Hasil sintesa keduanya kemudian didiskusikan dengan pihak yang kompeten dengan permasalahan penelitian yaitu dengan Manajer Operasional BRI kantor cabang Kediri. Hasil akhir dari penelitian ini adalah identifikasi kompetensi (knowledge, skills, attitudes) yang dibutuhkan bagi seorang supervisor dalam melakukan penilaian kinerja. Kemudian pembenahan alur penilaian yang sesuai serta perlunya media sosialisasi kepada pekerja operasional (yang dinilai) mengenai pengaruh serta implikasi dari penilaian kinerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.01/08 Wib m
Uncontrolled Keywords: Job assesment, Assesor competency
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Derlajat Wibisono, 090510874LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarjo, Dr., dr., M.S., M.Sc.UNSPECIFIED
ContributorJusuf Irianto, Dr., Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 01 Mar 2019 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34597
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item