PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN INTENSITAS PELATIHAN TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS HANG TUAH SURABAYA

WIWIN WIDAYATI, 090013996M (2002) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN INTENSITAS PELATIHAN TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS HANG TUAH SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-widayatiwi-7917-abstract-8.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-widayatiwi-7726-tps0308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Memasuki persaingan bebas dalam kondisi ekonomi yang kurang menguntungkan, suatu lembaga / institusi dituntut untuk mampu mengantisipasi tantangan dengan memiliki dan meningkatkan keunggulan dalam persaingan bidang-bidang tertentu. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah dengan memperhatikan kualitas sumber daya manusia sebagai pelaku aktivitas usaha yang harus mempunyai kesadaran akan prestasi kerja yang tinggi, profesional, produktif, efektif, dan efisien. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi kerja adalah dengan memberi motivasi, sebab melalui pemberian motivasi akan menumbuhkan semangat dan gairah kerja seseorang, disamping itu pemberian kesempatan pelatihan sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi kerja dan pada akhirnya membawa kemajuan lembaga untuk saling berkompetisi guna mencapai tujuannya. Menyiasati persaingan diantara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) khususnya di Surabaya, UHT menerapkan pembinaan kepada dosen-dosen yang ada dengan pemberian motivasi dan pelatihan yang cukup intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi dan intensitas pelatihan yang mempengaruhi tingkat kinerja dosen dan untuk mengetahui variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap tingkat kinerja dosen di UHT Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus. Obyek penelitian meliputi seluruh dosen sejumlah 182 orang. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat motivasi dan intensitas pelatihan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap tingkat kinerja dosen di UHT yang dibuktikan dengan Fhitung sebesar 59,90% lebih besar dari Ttabel sebesar 41,97%. Berdasarkan hasil penelitian kami menyarankan agar pimpinan UHT meningkatkan pelatihan untuk dosen, selain itu agar UHT memberikan penghargaan kepada setiap dosen yang berprestasi dan memberikan peluang kepada dosennya untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dimiliki dengan harapan tetap mendorong UHT untuk lebih maju dan berprestasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.03/08 Wid p
Uncontrolled Keywords: Motivasi ; Kinerja; Pelatihan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB2165-2278 Teacher training in universities and colleges
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
WIWIN WIDAYATI, 090013996MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Dr. , MPH, DR, PhUNSPECIFIED
Thesis advisorJusuf Iriant, Drs.o, M. ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 04 Aug 2016 07:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item