KEDUDUKAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) DALAM PENDAFTARAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH

ARITHA HERSILA RUMBIAK, 030810486 N (2009) KEDUDUKAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) DALAM PENDAFTARAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s2-2009-rumbiakari-9672-tmk37-0-..pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a. Dalam rangka penyelenggaraan pendaftaran peralihan hak atas tanah maka pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah yang dilakukan oleh Kepala Pertanahan dalam prakteknya menggunakan akta yang dibuat oleh PPAT. Karena tanpa adanya akta PPAT, kepentingan dari pihak ketiga maupun Badan Pertanahan Nasional sendiripun tidak dapat dilakukan. Mengingat akta PPAT merupakan bukti yang diharuskan oleh Perundang-undangan sehubungan dengan adanya suatu perjanjian diantara para pihak yang melakukan perjanjian tersebut. Ini merupakan salah satu tugas dari PPAT untuk membantu Kepala Kantor Pertanahan. b. Tujuan pendaftaran tanah adalah menjamin kepastian hukum. Kepastian hukum terhadap objek, subyek dan status tanah. Dengan kepastian hukum juga, setidak-tidaknya dapat mencegah sengketa tanah. Sengketa tanah merupakan akibat hukum dari tidak dilakukannya pendaftaran peralihan hak atas tanah oleh seseorang/badan terhadap yang lain. Yang mana menimbulkan sanksi bagi pihak-pihak yang bersengketa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: TMK 37/09 Rum k
Uncontrolled Keywords: PPAT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
ARITHA HERSILA RUMBIAK, 030810486 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUrip Santoro, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item