PENGARUH KOMPETENSI BIDANG FUNGSIONAL TERHADAP KINERJA PERBANKAN PADA BANK DI JAKARTA

Helen Erlyana Sihombing, - (2006) PENGARUH KOMPETENSI BIDANG FUNGSIONAL TERHADAP KINERJA PERBANKAN PADA BANK DI JAKARTA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2009-sihombingh-9148-tea28_08.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-sihombingh-9148-tea28_08.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi ekonomi menyebabkan persaingan bisnis dalam berbagai industri berlangsung secara dinamis sejalan dengan perubahan lingkungan. Sektor perbankan di Indonesia sejak regulasi pada tahun 1988 yang kemudian diikuti dengan regulasi yang lainnya telah mengalami perubahan yang sangat mendasar, sejak periode tersebut sektor perbankan berkembapg sangat pesat, dan hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah bank yang sangat besar. Akibat pertumbuhan tersebut persaingan pada sektor perbankan menjadi semakin kompetitif, Kondisi ini menjadi semakin sulit akibat terjadinya resesi pada periode 1997 yang ditandai dengan banyaknya bank yang mengalami kesulitan likuidasi dan bahkan hares dilikuidasi oleh pemerintah. Disisi lain globalisasi ekonomi sebagai bentuk keterbukaaan pasar mengharuskan perbankan untuk dapat mengadaptasi regulasi secara internasional, sesuai dengan yang ditetapkan dalam Bank for International Settlement (BIS), sehingga perbankan selain harus beradaptasi dengan kondisi persaingan yang semakin tajam serta kondisi ekonomi yang sedang resesi juga hares memenuhi ketentuan BIS agar dapat melakukan aktivitas bisnis secara internasional. Eksistensi perbankan dalam mempertahankan kelangswigan bisnisnya harus ditunjang dengan kompetensi bidang fungsional yang terdiri dari kompetensi pemasaran, teknologi, dan operasional. Penelitian ini menganalisis pengaruh kompetensi bidang furgsional perbankan (pemasaran, teknologi, dan operasional) terhadap kinerja perbankan yang ditetapkan sebagai standar penilaian Bank. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kompetensi bidang pemasaran, kompetensi bidang teknologi, dan kompetensi bidang operasional dalam perbankan memenuhi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan pada Bank-bank di Jakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi sektor perbankan dalam mengembangkan sumber-sumber keunggulan bidang fungsional guna meningkatkan kinerja serta mencapai tingkat kesehatan sesuai yang ditetapkan oleh Bank Indonesia

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 28/08 Sih p
Uncontrolled Keywords: Marketing Competency, Innovation Competency, Operational Competency, and Banking Performance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Helen Erlyana Sihombing, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDebby Ratna Daniel, Dr.rcr.pol., SE., AkUNSPECIFIED
ContributorDian Agustia, Dr., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Aug 2017 20:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item