PENGARUH KEPUASAN DAN FAKTOR-FAKTOR PERSEPSI HAMBATAN BERPINDAH TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA KOST DI GUBENG AIRLANGGA I-VII SURABAYA

DHONY WARDHANA SUTARYO, 090515606M (2008) PENGARUH KEPUASAN DAN FAKTOR-FAKTOR PERSEPSI HAMBATAN BERPINDAH TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA KOST DI GUBENG AIRLANGGA I-VII SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-sutaryodho-9495-te3108-k.pdf

Download (474kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-sutaryodho-9466-te31_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya pesaing dalam pasar membuat penyedia jasa sadar akan pentingnya mempertahankan konsumen. Agar bisnis bisa sukses, exist untuk jangka panjang dan potensi pertumbuhan maka dalam pasar jasa kost mahasiswa yang banyak pesaing ini, tujuan yang patut diperjuangkan adalah membuat konsumen tetap loyal dengan penyedia jasanya. Penelitian ini akan menguji hubungan kausal kepuasan pengguna jasa dan faktor-faktor persepsi hambatan berpindah terhadap loyalitas pengguna jasa kost mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah kepuasan pengguna jasa dan faktor-faktor persepsi hambatan berpindah mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pengguna jasa kost di Gubeng Airlangga I-VII di Surabaya. Dalam model penelitian ini, variabel yang akan dilakukan analisis diklasifikasikan menjadi variabel bebas yang terdiri atas variabel kepuasan pengguna jasa, hubungan personal yang terjalin antar sesama pengguna jasa, alternatif menarik kost yang lain dan persepsi resiko berpindah, sedangkan variabel tergantung adalah loyalitas pengguna jasa. 5 poin skala Likert dan 5 poin skala semantik deferensial digunakan untuk mengukur variabel-variabel dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna jasa kost di Gubeng Airlangga I-VII yang berstatus mahasiswa Universitas Airlangga baik pria maupun wanita. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 155 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penelitian ini melakukan uji asumsi¬asumsi regresi linier berganda sebelum melakukan uji model regresi agar mendapatkan hasil prediksi yang akurat. Hasil temuan dalam penelitian ini diantaranya adalah (1) Kepuasan pengguna jasa, hubungan personal yang terjalin antar sesama pengguna jasa, alternatif menarik kost yang lain dan persepsi resiko berpindah mempengaruhi loyalitas pengguna kepada penyedia jasa. Kepuasan memiliki pengaruh yang dominan terhadap loyalitas pengguna jasa diikuti dengan persepsi resiko berpindah. Variabel hubungan personal yang terjalin antar sesama pengguna jasa dan alternatif menarik kost yang lain kurang berperan dalam mempengaruhi loyalitas pengguna jasa. (2) Dalam sektor jasa memang ada persepsi hambatan berpindah. Persepsi hambatan berpindah dalam pasar jasa kost mahasiswa adalah persepsi resiko berpindah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa penyedia jasa hendaknya melakukan strategi defensive sekaligus strategi offensive. Strategi defensive dengan memuaskan konsumen lebih baik dari pesaing lain dan meningkatkan persepsi resiko berpindah. Dengan menjalankan strategi defensif dengan baik maka secara otomatis menghasilkan strategi offensive karena dengan memuaskan Konsumen maka secara otomatis menghasilkan wom positif. Strategi offensive secara otomatis tedadi ketika wom positif dari pengguna jasa dan mantan pengguna jasa yang puas, mampu menarik konsumen potensial untuk mau menyewa penyedia jasa ketika ada kamar yang kosong. Bila kedua strategi itu mampu dijalankan dengan baik oleh penyedia jasa maka penyedia jasa mampu mempertahankan pelanggannya dari beragam tawaran pesaing lain, meningkatkan keuntungan bisnis, mengurangi kebutuhan biaya pemasaran, menjaga eksistensi usaha untuk jangka panjang dan potensi pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TE 31/08 Sut p
Uncontrolled Keywords: Satisfaction, perceived switching barrier, interpersonal relationship among lodger, attractiveness of alternative of another boarding house, perceived switching cost, loyalty.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DHONY WARDHANA SUTARYO, 090515606MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Wahjuni Astuti, Dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 09 Aug 2017 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34712
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item