KONTRAK KERJASAMA ANTARA PT PERTAMINA (PERSERO) DENGAN PENGUSAHA SPBU

SHANTI WULANDARI, - (2009) KONTRAK KERJASAMA ANTARA PT PERTAMINA (PERSERO) DENGAN PENGUSAHA SPBU. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2009-wulandaris-9661-tmk21_0-k.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian Kerjasama yang dibuat oleh PT Pertamina (persero) dapat dikategorikan sebagai perjanjian tidak bernama, dimana perjanjian tersebut tidak diatur dalam B.W., tetapi terdapat di dalam masyarakat. Terkait dengan pendistribusian BBM, kontrak kerjasama ini mendekati pengertian dari perjanjian distributor. Kemudian di dalam perjanjian kerjasama tersebut juga memuat serangkaian hak dan kewajiban bagi para pihak, yang tentunya dibuat sepihak oleh pertamina, pengusaha mempuyai posisi bargaining power yang lemah. Penyelesaian sengketa yang timbul sebagai akibat tidak dipenuhinya ketentuan atau syarat-syarat dalam perjanjian kerjasama, berdasarkan pasal 17 adalah diutamakan melalui musyawarah, bila musyawarah belum tercapai dapat menggunakan arbitrase BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia), dan penyelesaian akhir yang dapat diambil adalah melalui Pengadilan Negeri Surabaya. Penyelesaian melalui musyawarah disebut penyelesaian melalui jalur Non-Litigasi, sedangkan penyelesaian melalui Pengadilan disebut penyelesaian melalui jalur Litigasi. penyelesaiannya melalui jalur Non Litigasi yang kerap dipilih, dimana keberadaan Hiswana Migas sebagai perwakilan dari kumpulan pengusaha SPBU membentuk tim mediasi, untuk mengadakan mediasi hukum dengan PT. Pertamina (persero). Keberadaan Hiswana Migas sangat penting bagi pengusaha karena Hiswana Migas memperjuangkan aspirasi dan kepentingan anggota.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 21/09 Wul k FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: Kontrak kerjasa; PT ; Pengusaha
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7350-7444 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
SHANTI WULANDARI, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUS YUDHA HERNOKO, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 10 Oct 2016 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item