Pengaruh Issue Involvement, Perceived Social Interaction, Perceived System Interactivity, Dan Perceived Community Value Terhadap Relationship Commitment, Dan Pengaruh Relationship Commitment Terhadap Social Participation Pada Anggota Komunitas Virtual

Dimas Januar Perdana (2015) Pengaruh Issue Involvement, Perceived Social Interaction, Perceived System Interactivity, Dan Perceived Community Value Terhadap Relationship Commitment, Dan Pengaruh Relationship Commitment Terhadap Social Participation Pada Anggota Komunitas Virtual. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (645kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf

Download (479kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (997kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat dari tahun ke tahun membawa berbagai kemudahan , salah satunya adalah akses internet. Perkembangan internet membuat seseorang cenderung mencari informasi yang dibutuhkan dan beraktivitas melalui internet, salah satunya adalah berkumpul dan berkomunikasi dalam suatu media virtual seperti komunitas virtual. Komunitas virtual menjadi tempat berkumpul bagi pengguna internet yang memiliki minat yang sama, secara bebas saling bertukar pikiran, pandangan, dan informasi tentang topik tertentu baik yang bersifat non formal (misalnya hobi, kegemaran, makanan) hingga yang bersifat formal (misalnya politik, sosial, agama). Kaskus JKT48 merupakan salah satu basis komunitas virtual penggemar JKT48 yang sedang populer di kalangan anam muda. Kaskus JKT48 memfasilitasi anggotanya untuk berinteraksi dan bertukar informasi seputar JKT48.Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji online voluntary behavior dan relationship marketing yang dibangun oleh administrator Kaksus JKT48 dalam upaya untuk membangun komitmen dan partisipasi aktif anggotanya. Data diperoleh melalui kuesioner online yang disebarkan kepada anggota komunitas virtual Kaskus JKT48 yang pernah melakukan posting sekurang-kurangnya satu kali di dalam forum. Total anggota di dalam komunitas berjumlah 6164 orang, dengan total responden sebanyak 213 orang. Jawaban dari responden akan terekam secara otomatis berupa database google docs spreadsheet. Hasil penelitan menunjukkan bahwa perceived social interaction menjadi prediktor dengan hasil terbaik terhadap relationship commitment anggota dan memberikan pengaruh signifikan terhadap social participation , yaitu berupa partisipasi dan kontribusi aktif dalam komunitas Kaskus JKT48.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 120/15 Per p
Uncontrolled Keywords: RELATIONSHIP COMMITMENT; SOCIAL PARTICIPATION; SOCIAL INTERACTION
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Januar PerdanaNIM041012006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTanti HandrianaNIDN0018056905
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 12:00
Last Modified: 18 May 2020 13:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item