SISTEM KOMUNIKASI METEOR BURST UNTUK KOMUNIKASI BERGERAK

Abdulah Bazergan Bazergan (1998) SISTEM KOMUNIKASI METEOR BURST UNTUK KOMUNIKASI BERGERAK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan transmisi data melalui sistem komunikasi meteor burst bergerak. Komunikasi bergerak yang memanfaatkan meteor burst merupakan sistem komunikasi bergerak yang relatif baru dikembangkan (sekitar dekade 8O-an). Sistem komunikasi meteor burst memiliki sifat SDMA (Space Division Multiple Access)inheren Untuk aplikasi pada sistem komunikasi meteor burst yang tetap, sifat ini digunakan pada saat transmisi data, dimana setiap pengguna diiluminasi oleh satu jejak meteor, atau dengan perkataan lain hanya satu pengguna yang dapat merespon dalam waktu tertentu. Permasalahan akan timbul pada saat satu meteor mengiltii lebih dari satu pengguna yang disebabkan oleh kondisi tertentu dan hal ini akan memperbesar daerah iluminasi yang akan menyebabkan terjadinya tubrukan antara pengguna yang saling berdekatan pada saat merespon kedatangan meteor. Di dalam penelitian ini, digunakan teknik akses jamak untuk mengatasi tubrukan yang disebabkan oleh jaringan yang besar maupun waktu stasion bergerak berdekatan satu sama lain dan juga untuk meningkatkan kinerja sistem digunakan teknik pengkodean (kode BCH). Metode akses jamak yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah CDMA (code division multiple access). Kinerja &em yang diukur adalah waktu tunggu rata-rata dan throughput untuk jumlah stasion bergerak yang berbeda-beda. Dari hasil simulasi menunjukkan pertambahan jumlah terminal bergerak dengan jumlah tertentu yang merespon kedatangan jejak meteor untuk jumlah kanal konstan akan mengakibatkan penurunan kinerja sistem. Terjadi perbaikan ‘kinerja sistem dengan bertambahnya jumlah kanal dan setelah menggunakan pengkodean dengan kemampuan koreksi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: ABSTRAK DAN FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: transmission; mobile meteor; Mobile communication; meteor; Space Division Mutiple Access (SDMA); Infixed MBC; spread spectrum; Bose-Chaunduri-Hocquengham (BCH).
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Abdulah Bazergan BazerganUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhartono Tjondronegoro, Dr. Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 23 Oct 2016 23:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34753
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item