ANALISIS PASAR PEMBIAYAAN KOMERSIAL BAGI HASIL BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURABAYA

Sri Ayuni, 099810079L (2001) ANALISIS PASAR PEMBIAYAAN KOMERSIAL BAGI HASIL BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KK TE 96-01 AYU A.pdf

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR ISI KK TE 96-01 AYU A.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KK TE 96-01 AYU A.pdf

Download (64kB)
[img] Text
FULLTEXT KK TE 96-01 AYU A.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari tentang segmen pasar pembiayaan komersial bagi hasil Bank Muamalat Indonesia (BMI) Surabaya dalam rangka untuk menentukan strategi pemasaran produk pembiayaan komersial bagi hasil. Strategi pemasaran produk pembiayaan yang dibahas disini adalah strategi marketing mix. Segmen pasar pembiayaan BMI dalam penelitian ini dibagi menjadi dua segmen atas dasar jenis usaha nasabah (pertanian, industri, perdagangan dan jasa-jasa) dan segmen atas dasar tingkat pendapatan nasabah (tinggi, menengah, rendah). Kedua segmen ini dikaitkan dengan pilihan manfaat yang dicari (bersyariah, bagi hasil, pelayanan), efektifitas pembiayaan dan kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pilihan manfaat yang dicari, efektifitas pembiayaan dan kepuasan berdasarkan jenis usaha dan tingkat pendapatan nasabah. Sampel ditentukan sebanyak 175 responden dengan cara stratified proportional random sampling dari populasi sebanyak 364 nasabah. Sampel terdiri dari dua bagian yakni 100 nasabah pembiayaan mudharabah dan 75 nasabah pembiayaan musyarakah. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden dengan mengisi daftar pertanyaan tentang variabel-variabel yang telah diteliti dan didukung oleh data sekunder yang diperoleh dari BMI dan instansi lain. Model analisis yang digunakan adalah analisis tabulasi silang, sedangkan untuk membuktikan keenam hipotesis digunakan uji chi-square. Perhitungan dilakukan dengan program mikrostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pilihan manfaat yang dicari dan efektivitas pembiayaan berdasarkan jenis usaha dan tingkat penghasilan nasabah. Berdasarkan hasil uji chi﷓square menunjukkan x² hitung lebih besar danpada X² tabel pada probabilitas sebesar 5 % ( P < 0.05 ). Sedangkan pada kepuasan nasabah tidak terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis usaha dan tingkat penghasilan nasabah. Berdasarkan hasil uji chi-square menunjukkan X² hitung lebih kecil daripada X² tabel pada probabilitas sebesar 5 % ( P > 0.05 ). Oleh karena itu strategi pemasaran atas pembiayaan komersial bagi hasil seharusnya memperhatikan segmentasi pasar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 96/01 Ayu a
Uncontrolled Keywords: BANK MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Sri Ayuni, 099810079LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorV HENKY SUPIT, Prof. SE., AKUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Jul 2019 10:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item