PENGARUH PEMBERIAN MONOSODIUM GLUTAMAT (MSG) SUBKUTAN TERHADAP HIPPOKAMPUS DAN MEMORI SPASIAL MENCIT MUS MUSCULUS : Penelitian eksperimental laboratoris.

Didik Dwi Sanyoto, 090014145M (2002) PENGARUH PEMBERIAN MONOSODIUM GLUTAMAT (MSG) SUBKUTAN TERHADAP HIPPOKAMPUS DAN MEMORI SPASIAL MENCIT MUS MUSCULUS : Penelitian eksperimental laboratoris. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2003-sanyoto2c-684-msg-tkd_17-03.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Monosodium glutamat (MSG) bersifat eksitotoksik yang dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai wilayah otak termasuk hippokampus saat diberikan secara sistemik pada hewan muda. MSG juga menimbulkan defisiensi descrimination learning dan gangguan belajar pada maze. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian MSG subkutan terhadap memori spasial dan kerusakan hippokampus. Penelitian ini menggunakan sampel 32 ekor aDak mencit umur 5 hari. Rancangan yang digunakan adalah rancangan post test only control group. Anak mencit dikelompokkan menjadi 4 kelompok perlakuan. Kelompok K dan KP tanpa MSG, sedangkan kelompok perlakuan diberi MSG dosis masing-masing : P1 = 2 mg/grBB/hari dan P2 = 4 mg/grBB/hari selama 5 hari berturut-rurut. Parameter yang digunakan untuk menilai memori spasial adalah uji ketepatan pemilian lengan dan uji error tipe A, sedangkan kerusakan hippokampus dengan menilai ketebalan lapisan CAI lamina piramidalis hippokampus. Data dianalisis dengan uji ANA VA satu arah dan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MSG menurunkan uji ketepatan pemilihan lengan kelompok P1 dan P2 dibanding kelompok kontrol secara bermakna (p&lt;O,O5), menaikkan error tipe A, kelompok P1 dan P2 dibandingkan kelompok kontrol secara bermakna (p&lt;O,O5). Hal ini menunjukkan kelompok perlakuan mengalami penurunan memori spasial. Pada pemeriksaan ketebalan lapisan CA1 lamina piramidalis hippokampus, MSG menipiskan lapisan hippokampus kelompok P1 dan P2 dibandingkan kelompok kontrol secara bermakna (p&lt;O,O5). Hal ini membuktikan babwa MSG merusak hippokampus. Kerusakan ini disebabkan efek neurotoksisitas glutamat yang menyebabkan kematian neuron. Tidak ada perbedaan berat badan antar kelompok baik sebelum atau sesudah pengamatan. Hal ini menunjukkan tidak ada pengaruh kelaparan pada kedua kelompok perlakuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian MSG sistemik pada hewan usia muda dapat menyebabkan kerusakan hippokampus yang manifestasinya berupa gangguan memori spasial. </description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 17/03 San p
Uncontrolled Keywords: MSG; MEMORI SPASIAL
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Didik Dwi Sanyoto, 090014145MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDH. ABDOEL KHAMID, dr..MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Jun 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item