ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN MUTU MELALUI KEGIATAN GUGUS KENDALI MUTU DI RSD MARDI WALUYO KOTA BLITAR

Suratin Pudji Handoko, 099913533 (2002) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN MUTU MELALUI KEGIATAN GUGUS KENDALI MUTU DI RSD MARDI WALUYO KOTA BLITAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2003-handoko2c-736-kendali-tka_20-03.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya ilmu pengetahuan, perubahan sosial budaya dan perkembangan teknologi telah merubah sistem nilai di masyarakat dalam memperoleh pelayanan yakni peningkatan mutu pelayanan, termasuk pelayanan kesehatan. Gugus Kendali Mutu sebagai salah satu pendekatan dalam manajemen mutu pelayanan bidang kesehatan khususnya di Rumah Sakit telah dikembangkan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar sejak tahun 1997, namun pada 2 tahun terakhir (tahun 2000 -2001) kegiatan Gugus Kendali Mutu tidak optimal. Lingkup penelitian mengkaji pelaksanaan manajemen mutu melalui kegiatan GKM mulai tahun 1997 s.d. 2001 dan mengkaji pengaruh sumber daya manusia yang meliputi : pengetahuan tentang Gugus Kendali Mutu, motivasi, kerja sama kelompok; manajemen yang meliputi proses pembentukan Gugus Kendali Mutu, komitmen manajemen atas, dukungan manajemen menengah, penggerakan, umpan balik; dan komitmen dalam pelaksanaan standar terhadap pelaksanaan manajemen mutu melalui kegiatan Gugus Kendali Mutu. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar dengan melakukan Survey Cross Sectional dengan instrumen penelitian yang berbentuk kuesioner terbuka dan tertutup. Pengambilan data dilakukan secara langsung baik dengan mengisi kuesioner maupun indepth interview, mengarnbil data sekunder dengan check list, serta melaksanakan FGD. Dalam analisis data melakukan uji pengaruh statistik Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang signifikan terhadap adalah kerja sarna kelompok, penggerakan, umpan balik dan komitmen dalam pelaksanaan standar, sedangkan variabel yang tidak signifikan adalah pengetahuan tentang GKM, motivasi, proses pembentukan GKM, komitmen manajemen senior dan dukungan manajemen menengah. Kesimpulan dari penelitian bahwa manajemen mutu melalui kegiatan GKM sudah diaksanakan di 10 unit pelayanan atau 10 gugus, namun belum optimal dan semua faktor / varjabel_ berpengaruh terhadap keberhasilan manajemen mutu melalui kegiatan GKM. Berdasarkan hasil penelitian ini disusun rekomendasi untuk optimalisasi pelaksanaan manajemen mutu melalui kegiatan GKM, yakni agar pelaksanaan manajemen mutu melalui kegiatan GKM untuk selanjutnya dapat berjalan secara efektif perlu adanya komitmen dari semua tingkat manajemen, pemahaman tentang GKM, meningkatkan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan GKM, meningkatkan kerja sama kelompok, memperbaiki organisasi yang menangani kegiatan GKM, melakukan penggerakan, melakukan umpan balik serta ada komitmen dalam pelaksanaan standar pelayanan. </description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 20/03 Han a
Uncontrolled Keywords: Hospital Quality Control Circle; Team work; Management.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Suratin Pudji Handoko, 099913533UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus Supriyanto, Dr.,dr.,MSUNSPECIFIED
ContributorPaul Sahetapy Engel, dr.,Sp.A.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Jun 2017 21:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item