PERBANDINGAN PENGARUH ANTAR VARIABEL ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI DARI KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA ANTARA DUAL-CAREER MEN DAN TRADITIONAL-CAREER MEN DI JAKARTA

I. Made Sukresna, 099913436M (2002) PERBANDINGAN PENGARUH ANTAR VARIABEL ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI DARI KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA ANTARA DUAL-CAREER MEN DAN TRADITIONAL-CAREER MEN DI JAKARTA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2004-sukresnaim-893-te_28-03-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai replikasi dari penelitian yang dilakukan Higgins dan Duxbury (1992), tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hipotesis-hipotesis tentang perbedaan pengaruh antar variabel-variabel anteseden dan konsekuensi dari konflik pekerjaan-keluarga antara dual-career men dan traditional-career men. Anteseden konflik pekerjaan-keluarga yaitu konflik pekerjaan dan konflik keluarga, sedangkan konsekuensinya ialah kualitas kehidupan pekerjaan, kualitas kehidupan keluarga, dan kepuasan hidup. Dual-career men yaitu pria bekerja yang telah berkeluarga dengan istri yang juga bekerja di suatu organisasi, sedangkan traditional-career men adalah pria bekerja yang telah berkeluarga dengan istri yang semata-mata sebagai ibu rumah tangga. Penelitian ini menggunakan instrumen dan model penelitian yang dikembangkan oleh Higgins dan Duxbury (1992). Responden penelitian yaitu 58 dual-career men dari 84 traditional-career men dari perusahaan-perusahaan berbagai macam industri di wilayah Jakarta. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji-t bagi sampel independen, setelah hubungan kausal antar variabel dalam masing-masing sampel dipastikan signifikansinya melalui perhitungan Structural Equation Modeling. Penelitian ini menghasilkan delapan hasil uji hipotesis yang tidak mendukung hasil penelitian Higgins dan Duxbury (1992). Hanya satu hasil uji hipotesis yang mendukung temuan Higgins dan Duxbury (1992) yaitu terjadinya pengaruh positif dari konflik pekerjaan terhadap konflik pekerjaan-keluarga yang lebih besar pada dual-career men daripada traditional-career men. Delapan hasil uji hipotesis lainnya terbagi atas tiga kategori, yaitu: (1) Tiga hasil yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara dual-career men dari traditional-career men, yaitu dalam pengaruh negatif konflik keluarga terhadap kualitas kehidupan keluarga, pengaruh positif kualitas kehidupan pekerjaan terhadap kepuasan hidup, serta dalam pengaruh positif kualitas kehidupan keluarga terhadap kepuasan hidup; (2) Empat hasil yang menunjukkan tiadanya perbedaan yang signifikan antara dual-career men dan traditional-career men, yaitu dalam pengaruh positif konflik pekerjaan terhadap konflik keluarga. pengaruh positif konflik keluarga terhadap konflik pekerjaan keluarga, pengaruh negatif konflik pekerjaan terhadap kualitas kehidupan pekerjaan, serta dalam pengaruh negatif konflik pekerjaan-keluarga terhadap kualitas kehidupan pekerjaan; (3) Satu hasil yang tidak dapat diperbandingkan (incomparable) karena di satu sisi terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari konflik pekerjaan-keluarga terhadap kualitas kehidupan keluarga pada dual-career men. Sementara itu di sisi lain, pada traditional-career men pengaruh tersebut tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE.28/03 Suk p
Uncontrolled Keywords: antecedents, consequences, dual-career men, traditional-career men, independent samples t-test, Structural Equation Modeling, work conflict, family conflict, work-family conflict, quality of work life, quality of family life, life satisfaction.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K625-709 Persons > K670-709 Domestic relations. Family law
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
T Technology > T Technology (General) > T60-60.8 Work measurement. Methods engineering
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
I. Made Sukresna, 099913436MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Sulasmi, Dra.,Psi.,MScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Jun 2017 20:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35076
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item