PENGARUH POLA PERMAINAN SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI ANAK : Suatu Studi Quasi Eksperimental Pada Anak Usia

Nurul Hartini, 099913487M (2002) PENGARUH POLA PERMAINAN SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI ANAK : Suatu Studi Quasi Eksperimental Pada Anak Usia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2004-hartininur-896-tkm_41-03.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk (1) Mengkaji pengaruh pola permainan sosial terhadap peningkatan kecerdasan emosi anak , usia prasekolah ?, (2) Mengukur efektifitas penggunaan pola permainan sosial dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak usia prasekolah ?, dan (3) Mengkaji perbedaan pengaruh pola permainan sosial terhadap peningkatan kecerdasan emosi anak antara anak yang berjenis kelamin laki laki dengan yang berjenis kelamin perempuan ?. Keinginan peneliti guna mengkaji ketiga hal tersebut dilandasi oleh pernyataan Thomas Acbenbach, psikolog University of Vermort (dalam Goleman, 1999 ; 514) yang menyatakan bahwa dalarn masa sekarang telah terjadi penurunan kecerdasan emosi anak anak. Selanjutnya Hurlock (1995 ; 93) menjelaskan bahwa dengan bermain anak akan mendapatkan banyak manfaat yang akan berguna dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, motorik, emosi/psikologis dan sosialnya. Hurlock juga menyebudkan bahwa salah satu jenis permainan yang mampu memotivasi perkembangan emosi dan sosial anak adalah pola permainan yang bernuansa sosial. Oleh karenanya melalui penelitian eksperimen yaitu pernberian perlakuan pola permainan sosial yang dikenakan pada dua, kelompok yaitu siswa TK Mojo sebagai kelompok kontrol dan siswa TK Jaya Negara sebagai kelompok eksperimen dengan tujuan untuk melihat peningkatan kecerdasan emosinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola permainan sosial terbukti efektif dan signifikan dalarn mempengaruhi peningkatan kecerdasan emosi anak usia prasekolah. Selain itu juga terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa, yang berjenis kelamin laki laki dengan yang berjenis kelamin perempuan, dimana yang berjenis kelamin perempuan memiliki peningkatan kecerdasan emosi yang lebih cepat akibat adanya pemberian perlakuan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 41/03 Har p
Uncontrolled Keywords: Emotional intellegence ; social game ; preschool
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Hartini, 099913487MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMMW Tairas, Dr.,MA.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 20 Sep 2016 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item