PENGARUH PEMBERIAN CARNITIN TERHADAP VO2 MAX PADA REMAJA PUTRA : Studi eksperimental di sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Demak.

Rona Sari Mahaji Putri, 090114284M (2003) PENGARUH PEMBERIAN CARNITIN TERHADAP VO2 MAX PADA REMAJA PUTRA : Studi eksperimental di sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Demak. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2004-putrironas-900-tkm_45-03.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Carnitin merupakan zat gizi essensial, sebagai suplemen makanan yang penggunaannya oleh para olahragawan dan remaja seringkali dihubungkan dengan aktivitas olahraga. Penelitian tentang peran L Carnitin telah banyak dilakukan di luar negeri dalam jangka waktu yang lama. Tujuan khusus dalam penelitian adalah mempelajari karakteristik keluarga, karakieristik responden, konsurnsi zat gizi dan VO2.Max sebelum dan sesudah perlakuan pada remaja putra, dengan tujuan umum mempelajari pengaruh pemberian carnitin terhadap VO2 Max pada remaja putra di sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Demak. Penelitian ini adalah penelitlan True Eksperimental dengan desain penelitian Randomized Pre Test Post Test Control Group Design dengan cara Double Blind. Pengukuran karakteristik keluarga dan karakteristik responden dengan menggunakan quesioner, penghitungan konsumsi zat gizi dengan menggunakan recall 2x 24 Jam, sedangkan pengukuran V02 Max dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelurn dan sesudah intervensi, dengan menggunakan test VO2 Max Ergocycle. Populasi adalah pelajar putra kelas I II sebanyak 121 orang. Dilakukan screening umur 14 17 tahun, Hb > 13 g/dI, status gizi normal dengan BMI For Ages 15 85 persentil, nadi istirahat normal (60 80 kali/menit ), VO2 Max kurang sekali sampai dengan kurang , tidak sedang menderita penyakit yang dapat mengganggu jalannya penelitian. Sampel sebanyak 22 orang diperoleh dengan random ( simple random sampling ), dibagi menjadi 2 kelompok dengan teknik alokasi random. Pengukuran karakteristik keluarga, karakteristik responden, dan konsumsi zat gizi diuji dengan Uji t 2 sampel bebas dan Wilcoxon Sign Rank test. Pengukuran V02 Max diuji dengan statistik inferensial yaitu uji t dua sampel bebas. Hasil penelitian pengukuran karakteristik keluarga, karakteristik responden, dan pengbitungan konsumsi zat gizi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan Uji t 2 sampel bebas dan Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna, kecuali pada konsumsi lemak ( p=0,01). Hasil penelitian selisih VO2 Max sebelum dan sesudah intervensi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan uji t 2 sampel bebas menunjukkkan bahwa ada perbedaan yang bermakna ( p=0,00 ). Kelompok perlakuan mempunyai rata rata sebesar 1,04 ± 0,05 CC 02 /kg BB/mnt. Kelompok II mempunyai rata rata sebesar 0,00 ± 0,04 cc 02 /kg BB/mnt. Maka dapat disimpulkan bahwa (1) t1dak ada perbedaan yang bermakna terhadap karakteristik keluarga (2 ) tidak ada perbedaan karakteristik responden (3) tidak ada perbedaan konsumsi zat gizi, kecuall pada konsumsi lemak (4) pemberian carnitin 1000 mg selama 7 hari dapat meningkatkan VO2 Max (5) pemberian placebo tidak meningkatkan VO2 Max. Ada pengaruh pemberian carnitin terhadap V02 Max remaja putra kelas I-II Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Demak. Oleh karena itu disarankan dalam penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh pemberian carnitin terhadap V02 Max, untuk ditambahkan sampel yang besar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 45/03 Put p
Uncontrolled Keywords: Carnitin, V02 Max
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rona Sari Mahaji Putri, 090114284MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBambang Wirjatmadi, Prof.,dr.,MS.,MCN.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Jun 2017 21:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35085
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item