TANGGUNG JAWAB KURATOR TERHADAP KREDITUR FREFEREN DALAM PEMBERESAN HARTA PAILIT DEBITUR

Retno Anggraini, 030110160N (2003) TANGGUNG JAWAB KURATOR TERHADAP KREDITUR FREFEREN DALAM PEMBERESAN HARTA PAILIT DEBITUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35111.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitan ini mengkaji tentang Tanggung Jawab Kurator terhadap Kreditur Preferen Dalam Pemberesan Harta Pailit Debitur Berdasarkan Undang-Undang Kepailitan clan akibat hukum serta upaya hukum bagi kurator terhadap kreditur preferen. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan Tanggung Jawab Kurator terhadap Kreditur Preferen Dalam Pemberesan Harta Pailit Debitur dalam rangka melaksanakan Undang-undang kepailitan. Tipe penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, dengan mendeskripsikan ilmu hukum pada lapisan dogmatig hukum. Penelitian ini dengan mempergunakan studi kepustakaan sebagai acuan utamanya. Kedudukan kreditur preferen sangat tinggi lebih tinggi dari kreditur lainnya. Maksud diadakannya lembaga penangguhan pelaksanaan hak kreditur preferen itu adalah, untuk memungkinkan kurator mengurus budel pailit secara teratur demi kepentingan semua pihak yang tersangkut dalam kepailitan. Dengan demikian semakin jelas bahwa pada prinsipnya, Undang-undang memberikan hak untuk didahulukan terhadap pemegang jaminan atas hutang-hutang debitur. Prinsip-prinsip hukum dalam Undang-undang kepailitan disamping harus konsisten atau taat asas dengan prinsip-prinsip hukum kepailitan seharusnya juga konsisten dengan prinsip-prinsip hukum perdata lainnya, khususnya hukum jaminan dengan memberikan atau mengakui keberadaan dari kreditur preferen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK.01/04 Ang t
Uncontrolled Keywords: Kepailitan, Kreditur Preferen, Tanggung Jawab Kurator.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7510-7512 Insolvency and bankruptcy. Creditors' rights
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Retno Anggraini, 030110160NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuchammad Zaidun, S.H.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35111
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item