PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI PENDUKUNG PENERAPAN STRATEGI DALAM PENCIPTAAN LULUSAN YANG BERKUALITAS

Sri Setyo Iriani, 090013828M (2003) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI PENDUKUNG PENERAPAN STRATEGI DALAM PENCIPTAAN LULUSAN YANG BERKUALITAS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35138.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era globalisasi tingkat persaingan menjadi semakin tajam ini, keberadaan sumberdaya manusia di perguruan tinggi (dosen) merupakan asset intelektual yang sangat berharga dan memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu Universitas Negeri Surabaya (UNESA) (1) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya perlu meningkatkan daya saingnya dengan cara meningkatkan kemampuan dosennya (2) mengembangkan suatu sistem informasi sumberdaya manusia khususnya bagi tenaga dosennya yang tertata dalam suatu database, dimana dalam database tersebut termuat semua data kepegawaian yang berasal dari sistem informasi akuntansi, subsistem penelitian sumberdaya manusia dan subsistem intelijen sumberdaya manusia yang dapat mempermudah pengguna dalam mengambil keputusan antara lain untuk perencanaan dan pengembangan sumberdaya manusia. Penataan sistem informasi sumberdaya manusia diharapkan dapat sejalan dengan visi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) selama ini yaitu ingin menciptakan sumberdaya manusia berkualitas yang dapat diwujudkan melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan, pertama untuk mengetahui strategi yang selama ini dilakukan di Universitas Negeri Surabaya, kedua untuk mengetahui sistem informasi sumberdaya manusia yang ada di Universitas Negeri Surabaya dan ketiga, untuk mengembangkan sistem informasi sumberdaya manusia di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berarti bagi Unesa agar dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam penataan manajemen perguruan tinggi utamanya yang berhubungan dengan manajemen sumberdaya manusia. Melalui metode penelitian kualitatif dengan studi kasus dapat dikemukakan bahwa perencanaan strategi yang ada di Unesa belum semuanya mengacu pada kemampuan sumberdaya secara riil dan sistem informasi sumberdaya manusia bagi tenaga dosen belum tertata secara benar, muncul berbagai permasalahan antara lain tidak adanya perencanaan yang serius tentang pengembangan karir tenaga dosen, sehingga berdampak pada proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengembangkan sistem informasi sumberdaya manusia bagi tenaga dosen, melalui penataan sistem yang ada (1) agar dapat mengembangkan kemampuan tenaga dosen dengan terarah dan effisien maka pada tesis ini akan diteliti kemungkinan pengembangan, (2) maka dosen Unesa akan mampu menciptakan lulusan yang berkualitas sesuai dengan visi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) saat ini. Pada akhirnya kemampuan tersebut akan dapat meningkatkan status Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di mata masyarakat dan mencapai competitive advantage.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TE 35/03 Iri p
Uncontrolled Keywords: human resources information system
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Sri Setyo Iriani, 090013828MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDebby Ratna Daniel, Dr.,rer.,pol.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35138
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item