ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENENTUAN PRIORITAS ATRIBUT LAYANAN PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN CUSTOMER DRIVEN DI KOTA PALU

Asngadi, 090013836M (2003) ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENENTUAN PRIORITAS ATRIBUT LAYANAN PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN CUSTOMER DRIVEN DI KOTA PALU. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
35139_Part1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35139_Part2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
35139_Part3.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini ada]ah (1) Untuk mengidentifikasikan atribut-atribut kualitas menurut internal customer (mahasiswa, dosen dan staf administrasi) dalam proses peningkatan kualitas layanan perguruan tinggi di kota Palu. (2) Untuk mengidentifikasi atribut-atribut kualitas menurut external customer (dunia kerja ) di kota Palu. (3) Untuk menentukan prioriras atibut layanan perguruan tinggi di kota Palu dalam memuaskan pelanggannya dengan menerapkan Quality Function Deployment (QFD). Perguruan tinggi yang menjadi subyek penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako, STIE Panca Bhakti Palu dan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu. Customer dalam penelitian ini terdiri dari empat kelompok yaitu mahasiswa, dosen, karyawan sebagai internal customer dan pengguna lulusan yaitu sektor pemerintah, BUMN dan sektor swasta sebagai exernal customer. Oleh karenanya responden dalam penelitian ini mewakili keempat kelompok customer tersebut. Kualitas dalam kaitannya dengan internal customer dibagi dalam lima dimensi yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible sedangkan untuk external customer kualitas lulusan diukur dengan lima dimensi yaitu kemampuan komunikasi, kepribadian, orientasi teamwork, aspek kognitif dan pengetahuan global dan penguasaan teknologi informasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di tiga perguruan tinggi tersebut yang telah berada pada minimal semester 6 (tingkat 3), dosen tetap dan karyawan tetap di tiga perguruan tinggi tersebut. Untuk pengguna lulusan populasi yang dimaksudkan adalah seluruh instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta yang berkedudukan di kota Palu. Proses analisa yang dilakukan menggunakan matriks house of quality, yang merupakan alat utama dalam Quality Func'ion Deployment (QFD). Hasil yang diperoleh adalah bahwa untuk menjawab kebutuhan customer mahasiswa, pengelolaan perlengkapan dan peralatan pembelajaran menempati prioritas pertama, untuk kelompok customer dosen, design requirement yang berada pada prioritas pertama adalah perencanaan, pelaksanaaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran, untuk menjawab kebutuhan karyawan design requirement yang berada pada peringkat pertama adalah pengelolaan karyawan dan penentuan job description secara jelas. Untuk menjawab kebutuhan pengguna lulusan design requirement yang perlu ditingkatkan adalah peran dosen sebagai front line dalam pelIayanan akademik kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TE 40/03 Asn a
Uncontrolled Keywords: Quality Function Deployment (QFD), house of quality, customer requirement, design requirement, reliability, responsiveness, empathy, tangible, internal customer, external customer.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA319-329 Functional Analysis
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Asngadi, 090013836MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHermawanto, Drs.,M.Sc.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35139
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item