PENYUSUNAN UPAYA PEMASARAN PADA APOTEK SUMBER WARAS DI RUMAH SAKIT YASMIN BANYUWANGI MELALUI PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN

Syaugi, 090014030 (2003) PENYUSUNAN UPAYA PEMASARAN PADA APOTEK SUMBER WARAS DI RUMAH SAKIT YASMIN BANYUWANGI MELALUI PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
59. Abstrak TKA 62-03 Sya p.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35148.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan obat pada suatu rumah sakit merupakan bagian yang penting dan tidak bisa dipisahkan dengan pemberi layanan kesehatan. Pelayanan obat dikatakan penting karena pelayanan obat akan sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan aktivitas utama suatu rumah sakit. Selain itu, dana yang digunakan dalam pelayanan obat ini sangat besar sehingga harus dikelola secara baik. Selama ini pelayanan obat pada Apotek Sumber Waras di Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi belum berjalan secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dan tingginya jumlah penolakan pembelian secara keseluruhan oleh pembeli. Tingginya. jumlah penolakan pernbelian secara keseluruhan ini dalam bentuk did dan nde. Did merupakan singkatan dari da in dimidio, yang artinya 'berilah separuhnya'. Nde merupakan singkatan dari ne deture yang artinya �belum diserahkan'. Tujuan penelitian ini menyusun upaya pemasaran yang terkait dengan faktor karakteristik individu dan psikologi individu, rangsangan pemasaran, dan faktor situasional untuk mengurangi penolakan pembelian obat secara keseluruhan oleh pembeli. Berdasarkan tujuan penelitian, maka digunakan pendekatan perilaku konsumen. Faktor karakteristik individu yang diteliti yaitu umur, pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, domisili, ukuran keluarga, kondisi ekonomi, gaya hidup, dan kepribadian. Faktor karakteristik psikologi lindividu yang diteliti adalah motivasi, persepsi, pembelajaran, dan keyakinan. Rangsangan pemasaran yang diteliti yaitu daya tarik produk dan daya tarik harga. Faktor situasional yang diteliti yaitu lingkungan fisik pembeli. Hasil yang didapat dalam penelitian ini, tiga varlabel yang memiliki perbedaan, yaitu: jenis kelamin (p =0,020), daya tarik harga (p =0,007), dan kondisi keuangan (p =0,00 1); dan empat varlabel yang memiliki pengaruh dengan pembelian yaitu: jenis kelamin (p =0,020), jumlah keluarga (p=0,046), kepribadian (p=0,019), dan kondisi keuangan (p =0,001). Upaya pemasaran yang dapat dilakukan oleh Apotek SumberWaras adalah adanya penjelasan oleh dokter dan petugas apotek tentang manfaat obat, efek samping obat, cara mengkonsumsi obat upaya lainnya adalah penyuluhan rutin, meninjau target market dari apotek, menyesuaikan kebijakan harga, memberikan diskon khusus, menyediakan obat patent lain, menyediakan obat generik, dan menyediakan fasilitas tambahan berupa pengantaran obat. Dari hasil penelitian, diharapkan Apotek Sumber Waras di Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi memperhatikan perilaku konsumennya terutama variabel yang memiliki hubungan dengan pembelian. Dengan memperhatikan. perilaku konsumen dan melakukan upaya pemasaran yang efektif dan efisien, diharapkan dapat mengurangi permasalahan yang ada pada Apotek Sumber Waras.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 62/03 Sya p
Uncontrolled Keywords: Marketing ; Apotek ; Consumer behavior
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Syaugi, 090014030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Zainuddin, Prof.,Dr.,AptUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item