PERANAN NOTARIS DALAM PELAKSANAAN PENGALIHAN SAHAM

Sri Wulandari, 030010005N (2003) PERANAN NOTARIS DALAM PELAKSANAAN PENGALIHAN SAHAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2004-wulandaris-1047-tmk_28-04.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Modal yang dimiliki oleh perusahaan asing yang mencakup saham dalam waktu tertentu sebagian dari saham itu harus dialihkan kepada perusahaan nasional. Pengalihan saham dari perusahaan asing kepada perusahaan nasional dapat dialihkan dengan jalan melalui jual beli. Pelaksanaan pengalihan saham dari perusahaan asing kepada perusahaan nasional merupakan perbuatan hukum yang tentunya akan menimbulkan akibat hukum bagi kedua belah pihak. Dalam pelaksanaan jual beli sebagai bentuk pengalihan saham dapat melibatkan pihak notaris, yaitu pejabat yang berwenang untuk membuat akta otentik. Permasalahan yang dikemukakan dalam tesis ini meliputi dua hal, yaitu bagaimanakah peranan notaris dalam pelaksanaan pengalihan saham dari perusahaan asing kepada perusahaan nasional dan sampai sejauh manakah kekuatan mengikat akta notaris dalam pengalihan saham. Metode penelitian yang dipergunakan dalam tesis ini untuk pendekatan masalah menggunakan metode yuridis normatif dan yuridis empiris. Bahan hukum yang dipergunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Pengolahan bahan hukum menggunakan metode deduktif, dan analisis bahan hukum menggunakan metode kualitatif Dari hasil pembahasan terhadap permasalahan, maka dapat diketahui bahwa peran notaris dalam pelaksanaan pengalihan saham dari perusahaan asing kepada perusahaan nasional adalah membuat berita acara pengalihan dan menuangkan dalarn suatu akta jual beli saham. Akta jual beli saham yang dibuat oleh notaris akan mengikat perusahaan asing dan perusahaan nasional sebagai pihak pihak yang terkait dalam pengalihan saham.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 28/04 Wul p
Uncontrolled Keywords: Notaries ; stocks
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
Sri Wulandari, 030010005NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Basuki Reksowibowo, SH.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Sep 2016 07:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item