PERAN PENGUNYAHAN MAKANAN TERHADAP PERBEDAAN PERUBAHAN VOLUME, pH DAN VISKOSITAS SALIVA PADA ANAK-KELOMPOK KARIES DAN ANAK NON KARIES PENELITIAN EKSPERIMENTAL

Niken Probosari, 090114261M (2004) PERAN PENGUNYAHAN MAKANAN TERHADAP PERBEDAAN PERUBAHAN VOLUME, pH DAN VISKOSITAS SALIVA PADA ANAK-KELOMPOK KARIES DAN ANAK NON KARIES PENELITIAN EKSPERIMENTAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2004-probosarin-1108-tkg_03-04.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persentase penyakit karies gigi di Indonesia cenderung meningkat, 63% dari penduduk Indonesia menderita karies gigi aktif. Dilihat dari kelompok umur, golongan umur muda. lebih banyak menderita karies gigi aktif dibanding umur 45 tahun ke atas, dimana umur 10 24 tahun karies gigi aktif mencapai 66,8%-69,5%, keadaan ini menunjukkan karies gigi aktif banyak terjadi pada golongan usia produktif Untuk mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut perlu dilakukan kontrol plak yang salah satunya dengan cara mengkonsumsi permen karet. Permen karet banyak digunakan sebagai alat bantu yang cukup potensial untuk meningkatkan aktivitas pengunyahan, sehingga volume saliva akan meningkat dan keadaan ini dapat menurunkan aktivitas pembentukan plak di rongga mulut. Tujuan dari penelitian ini membandingkan beda pengunyahan makanan terhadap perubahan volume, pH dan viskositas saliva sebelum dan sesudah pengunyahan makanan antara anak kelompok karies dengan anak kelompok non karies. Penelitian ini dilakukan pada murid murid sekolah dasar di Kabupaten Jember yang berusia. 10 12 tahun yang terdiri dari wanita dan pria serta dibedakan antara kelompok karies dan kelompok non karies. Pengumpulan saliva dilakukan dengan cara mengumpulkan saliva sebelum. pengunyahan (saliva pre) dan sesudah pengunyahan (saliva kapas dan saliva permen karet), dimana pengumpulan saliva berlangsung selama 10 menit. Analisa data yang digunakan adalah Anova kemudian dilanjutkan dengan uji t dengan taraf kemaknaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan bermakna (p > 0,05) terhadap beda perubahan volume, pH dan viskositas saliva pada kelompok karies dan kelompok non karies baik pria karies dan wanita karies maupun. pria. non karies dan wanita non karies sebelum pengunyahan (saliva pre) dan sesudah pengunyahan (saliva kapas dan saliva permen karet).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG 03/04 Pro p
Uncontrolled Keywords: Food mastication, Volume, pH, Viscosity saliva, Caries and non caries
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT174-176 Articles for children
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Niken Probosari, 090114261MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeno Pradopo, drg.,SU.,Ph.DSp.,KGAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 16 Sep 2016 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35198
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item