PENGARUH FAKTOR MOTIVASI YANG BERUPA KOMPENSASI TIDAK LANGSUNG DAN PEMBERIAN INSENTIF PADA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PT. TELKOM KANTOR CABANG TELEKOMUNIKASI PAMEKASAN

Khairil Hidayat, - (2003) PENGARUH FAKTOR MOTIVASI YANG BERUPA KOMPENSASI TIDAK LANGSUNG DAN PEMBERIAN INSENTIF PADA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PT. TELKOM KANTOR CABANG TELEKOMUNIKASI PAMEKASAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
jiptunair-gdl-s2-2004-hidayatkha-1121-tps_11-04.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35207.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Telkom kantor cabang telekomunikasi Pamekasan sejak awal berdirinya dan telah beroperasi sampai dengan tahun 2003 bergerak di bidang jasa pertelekomunikasian. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan konsumen akan pentingnya sebuah informasi khusus, pendidikan dan latihan belum cukup menjamin pegawai mempuyai kinerja yang optimal dan berprestasi, khususnya akan hal melayani masyarakat luas. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas, diupayakan melalui peningkatan kualitas pelayanan tersebut. Upaya ini dilakukan dengan pemberian motivasi kerja kepada pegawai agar dapat meningkatkan kinerjanya, melalui kompensasi tidak langsung dan pemberian insentif. Oleh karena itu melalui penelitian ini diharapkan dapat sebagai masukan yang berharga, apakah upaya ini masih relevan diterapkan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja dan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai. Berdasarkan latar belakang masalah dan perumusan masalah di atas maka dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi tidak langsung dan pemberian insentif berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai PT Telkom Kantor cabang Telekomunikasi Pamekasan. Penelitian ini termasuk penelitian penjelasan (Explanative Research) yang bersifat non eksperimental dan menjelaskan hubungan kausal diantara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 55 orang pegawai PT. Telkom Kantor Cabang Telekomunikasi Pamekasan yang bergaji tetap. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, interview dan dokumentasi. Pengukuran terhadap variabel-variabel dijabarkan dalam item-item pernyataan yang merujuk pada skala Likert, dengan kisaran skor antara 0 - 4. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai PT. Telkom Kantor Cabang Telekomunikasi Pamekasan sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah kompensasi tidak langsung dan pemberian intensif. Untuk menganalisis data digunakan model regresi linier berganda. HasiI penelitian membuktikan bahwa kedua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan peran sebesar 20,1%, dan Fhit= 6,544, thit = 2,504, sehingga pemberian insentif terbukti merupakan variabel dominan terhadap peningkatan kinerja pegawai dengan sumbangan sebesar 0,364. Berdasarkan analisis data selanjutnya dapat disarankan bahwa, karena variabel pemberian insentif berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai, maka disarankan untuk dapat meningkatkan pemberian insentif yang didukung pula oleh peningkatan kompensasi tidak langsung, guna menghasilkan SDM yang handal, profesional di dalam kinerjanya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPS.11/04 Hid p
Uncontrolled Keywords: Indirect compensation, incentive, performance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101-6720 Telecommunication
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
Khairil Hidayat, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSoedjono Abipraja, Prof., Dr., SEUNSPECIFIED
ContributorH. M. Edy Juwono S., Drs., Ec., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 21:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item