SURAT KUASA PENGIKATAN JAMINAN FIDUSIA DI LINGKUNGAN PERBANKAN

Agung Prasetyo Utomo, 030110173N (2004) SURAT KUASA PENGIKATAN JAMINAN FIDUSIA DI LINGKUNGAN PERBANKAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35377.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Eksistensi Surat Kuasa Pengikatan Jaminan Fidusia tidak diatur dalam Undang Undang Nomor 42 tahun 1999 (UUJF) sehingga mengenai bentuk Surat Kuasa Pengikatan Jaminan Fidusia tidak terdapat pula ketentuan bakunya, terdapat kemungkinan antara bank Yang satu dengan Yang lain berlainan bentuknya. Pada dasarnya sesuai Pasal 5 UUJF bahwa pembebanan benda dengan Jaminan Fidusia dibuat dengan akta Notaris dan dalam bahasa Indonesia. Surat Kuasa Pengikatan Jaminan Fidusia lahir salah satunya sebagai akibat dari kebutuhan bisnis dunia perbankan. Hal Yang lebih mendasar yaitu bahwa tidak diaturnya Surat Kuasa Pengikatan Jaminan Fidusia dalam UUJF maka beberapa Bank menganggap bahwa hal tersebut sebagai celah untuk lahirnya Surat Kuasa Pengikatan Jaminan Fidusia secara di bawah tangan dengan mendasarkan pula pada asas kebebasan berkontrak. Permasalahan yang timbul dalam praktek, sebagian Notaris berpendapat bahwa Surat Kuasa tersebut tidak dapat ditingkatkan menjadi Akta Jaminan Fidusia dengan pertimbangan bahwa pembebanan kuasa untuk melakukakan, pengikatan fidusia adalah termasuk dalam kategori perbuatan kepemilikan sehingga sangatlah beresiko bilamana, hanya dibuat di bawah tangan. Berdasarkan fakta di lapangan tersebut dapat berakibat melemahkan kedudukan Bank mengingat selama kurun waktu tertentu kredit Yang telah dikucurkan menjadi tidak memiliki jaminan, karena Surat Kuasa Pengikatan Jaminan Fidusia adalah bukan merupakan bentuk pengikatan jaminan. Oleh karena itu maka perlu kiranya Bank mempertimbangkan lagi mengenai eksistensi surat kuasa tersebut atau segera mungkin pemerintah menyempurnakan UUJF, sehingga diharapkan tercipta kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK KKB TMK 80/04 Uto s
Uncontrolled Keywords: FIDUCIA
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Agung Prasetyo Utomo, 030110173NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoch Isnaeni, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Jun 2017 17:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item