PERLINDUNGAN BAGI HARTA PAILIT DENGAN UPAYA ACTIO PAULIANA

PRIETTA YUDISTRI (2003) PERLINDUNGAN BAGI HARTA PAILIT DENGAN UPAYA ACTIO PAULIANA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s2-2005-yudistripr-1688-tmk_04-05.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Harta pailit yang telah berpindah tangan atau berpindah kepemilikan pada Pihak Ketiga pada saat sebelum pernyataan pailit ditetapkan harus dapat kembali pada kesatuan harta pailit mengingat kepentingan para Kreditor dari Debitor pailit. Perlindungan yang dapat diberikan pada harta pailit yang telah berpindah tangan tersebut melalui upaya pembatalan perbuatan hukum yang disebut dengan Actio Pauliana. Actio Pauliana dapat diterapkan pada transaksi-transaksi yang dianggap merupakan transaksi yang tidak diwajibkan atau tidak perlu dilakukan oleh Debitor pailit dalam hal ini jual beli dan hibah meskipun akan menemukan kendala-kendala atau kesulitan-kesulitan dalam penerapannya dilapangan. Actio Pauliana dapat dilakukan sekalipun harta pailit telah berpindah tangan pada Pihak Ketiga berkaitan dengan pemberian Hak Tanggungan dari Pihak Ketiga Kepada Kreditornya, sebab pada dasarnya Actio Pauliana menitikberatkan pada pembatalan perbuatan hukum yang tidak diwajibkan yang dilakukan Debitor pailit yang dapat mengakibatkan kerugian bagi para Kreditornya. Hak-hak pemegang Hak Tanggungan tetap harus diperhatikan, sebab hak-hak tersebut merupakan hak yang diberikan oleh Undang-undang selain karena pemegang Hak Tanggungan bukan termasuk pihak yang harus bertanggung jawab atas terjadinya perbuatan hukum pemindahtanganan aset yang termasuk harta pailit dari Debitor pailit kepada Pihak Ketiga baik melalui perbuatan hukum jual beli maupun hibah. Oleh karena itu menindaklanjuti penerapan Actio Pauliana dimana harus diikuti dengan pengembalian aset atau ganti kerugian bagi harta pailit oleh Pihak Ketiga tanpa harus merugikan atau melanggar hak-hak Kreditor dari Pihak Ketiga pemegang Hak Tanggungan walaupun akan ditemui kesulitan tersendiri dalam penerapannya dilapangan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 04/05 Yud p
Uncontrolled Keywords: BANKRUPTY; FRAUDULENT CONVEYANCES
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1370-1395 Insolvency and bankruptcy. Creditors' rights
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
PRIETTA YUDISTRINIM030110156-N
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH.Basuki Rekso Wibowo, SH., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Oct 2016 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item