PENGARUH PENDAMPINGAN TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TAMAN BELAJAR DI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

Moh. Muzagi, 090114484M (2005) PENGARUH PENDAMPINGAN TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TAMAN BELAJAR DI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
jiptunair-gdl-s2-2005-muzagimoh-1774-tps_17-05.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35481.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Warga belajar pada lembaga pendidikan luar sekolah pada umumnya adalah mereka yang tidak mampu dan tidak mempunyai kesempatan mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan sekolah. Agar warga belajar tetap mempunyai motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran, perlu adanya pendampingan yang dilakukan oleh tutor. Pendampingan tersebut dilakukan melalui peran fasilitator, peran motivator, dan peran katatlisator. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai pengaruh pendampingan tutor terhadap motivasi belajar warga belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taman Belajar Kecamatan Kenjeran Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 100 orang warga belajar dengan menggunakan teknik sampling random proporsional. Komposisi sampel tersebut terdiri atas 15 warga belajar Kejar Paket A, 35 warga belajar Kejar Paket B, dan 50 warga belajar Kejar Paket C. Pengukuran data didasarkan pada penilaian yang dilakukan responden melalui kuesioner dengan menggunakan modifikasi Skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan taraf siginifikansi alpha sebesar 0,05. Hasil penelitian in; menunjukkan bahwa Pendampingan yang dilakukan oleh tutor melalui peran fasilitator, motivator, dan katalisator tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar warga belajar di PKBM Taman Belajar. Pengaruh signifikan variabel bebas terhadap varia bel terikat sebesar 0,06 % dan sisanya sebesar 99,94 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 17/05 Muz p
Uncontrolled Keywords: Tutors&#039; assistance and learning motivation
Subjects: L Education
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Moh. Muzagi, 090114484MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUBARJO, Dr. dr ., MS., M.Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorWIRAWAN, Drs. IB. SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 14 Jun 2017 21:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item