PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DAN ISTING DI PT. BURSA EFEK SURABAYA PADA TAHUN 2002-2003

RIA NORMA SARI, 040217508 (2006) PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DAN ISTING DI PT. BURSA EFEK SURABAYA PADA TAHUN 2002-2003. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-saririanor-2763-a132_06.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-saririanor-2763-a132_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era globalisasi dan dinamika pasar modal yang semakin pesat dewasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor yang berniat menanamkan dananya di pasar modal. Kehadiran pasar modal memperbanyak pilihan investasi di samping bentuk-bentuk investasi lainnya yang banyak dikenal masyarakat. Salah satu informasi panting yang menjadi pertimbangan investor dalam pengambilan keputusan investasi adalah informasi tentang arus kas perusahaan guna mengetahui kinerja perusahaan dalam mengelola kasnya. Dalam penelitian ini akan diketahui secara empiris pengaruh antara arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan terhadap volume perdagangan saham. Pembedaan komponen arus kas menjadi tiga bagian ini panting karena masing¬masing komponen tersebut dianggap mempunyai pengaruh yang berbeda-beda terhadap volume perdagangan saham. Penelitian ini bersifat penelitian analisis (analytical research) yang dirancang sebagai penelitian empiris dengan menggunakan data sekunder dan bersifat kuantitati£ Hipotesis yang dirumuskan peneliti adalah bahwa anus kas operasi, investasi, dan pendanaan secara simultan dan parsial berpengaruh "rerhadap volume perdagangan saham. Periode laporan anus kas yang diamati adalah laporan arus kas 31 Desember 2002 dan 2003. Alasan digunakannya periode tersebut karena jaraknya tidak terlalu jauh dengan tahun saat penelitian ini dilakukan, sehingga basil yang diperoleh nantinya diharapkan tidak jauh berbeda dengan kondisi saat penelitian berlangsung. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model regresi liner berganda dengan bantuan SPSS ver.11.0, penguj ian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikan (a) 5%. Sampel clan penelitian ini adalah 30 perusahaan manufaktur yang go public dan listing di PT Bursa Efek Surabaya. Dari basil analisis menunjukkan bahwa anus kas operasi, investasi, dan pendanaan secara simultan berpengaruh terhadap volume perdagangan saham perusahaan manufaktur. Kesimpulan ini didasarkan pads basil perhitungan y menunjukkan hasil nilai F sig sebesar 0,005 a (0,5%), sedangkan nilai adjusted R sebesar 0,162 yang artinya sebanyak 16,2% volume perdagangan saham dipenganuhi oleh anus kas operasi, investasi, dan pendanaan. Dari ketiga aktivitas arus kas, temyata anus kas operasi yang memiliki pengaruh paling signifikan karena memiliki koefisien parameter terbesar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa claim melakuk.an investasi saharn di pasar modal, investor seharusnya memperhatikan secara lengkap dan akurat informasi yang ada, bukan hanya sekedar informasi dari arus kas operasi, investasi, dan pendanaan saja melainkan jugs informasi-informasi lainn ya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.132/06 Sar p
Uncontrolled Keywords: CASH FLOW; STOCK EXCHANGES
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
RIA NORMA SARI, 040217508UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorISWAJUNI, Dra. M.Si. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 02 Nov 2006 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 16:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/355
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item