PENGARUH FAKTOR EKONOMI DAN NON-EKONOMI TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH DENGAN DOLAR AS

DHYAH HARJANTI, 099913440 M (2002) PENGARUH FAKTOR EKONOMI DAN NON-EKONOMI TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH DENGAN DOLAR AS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
35521abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
35521.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis moneter yang terjadi di Indonesia bersamaan dengan kawasan lainnya di Asia Tenggara, Asia Timur, Rusia dan Amerika Latin merupakan refleksi dari kombinasi persoalan-persoalan internal ekonomi negara yang mengalami krisis dan gejolak eksternal yang bersifat global. Krisis ini berbeda dari krisis-krisis yang pernah terjadi sebelumnya selain karena intensitasnya yang begitu mendalam, juga karena terjadi pada saat sistem keuangan global sudah sedemikian kompleks, baik dalam hal struktur maupun permasalahannya. Salah satu indikator utama terjadinya krisis adalah fluktuasi nilai tukar. Berbagai upaya otoritas moneter Indonesia untuk mempertahankan stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, khususnya dollar AS, telah dilakukan, namun nilai rupiah tetap tidak terkendali. Penelitian inI menguji salah satu pendekatan penentuan nilai tukar, yaitu pendekatan keseimbangan portofolio (portfolio balance approach), dengan melakukan modifikasi berupa penambahan variabel kejadian yang tidak diharapkan (unexpected event) sebagai variabel dummy dalam model untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel non-ekonomi terhadap fluktuasi nilai tukar Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah bahwa faktor suplai uang domestik, utang dalam negeri, utang luar negeri, tingkat bunga international dan variabel kejadian yang tidak diharapkan (unexpected event) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dolar AS, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan metode regresi dapat disimpulkan bahwa faktor suplai uang domestik, hutang dalam negeri, hutang luar negeri, tingkat bunga international dan variabel kejadian yang tidak diharapkan (unexpected event) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dolar AS, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Hal ini berarti bahwa fluktuasi nilai tukar rupiah tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi saja, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor non-ekonomi yang tercakup dalam variabel kejadian yang tidak diharapkan (unexpected event).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 28/05 Har p
Uncontrolled Keywords: fluctuation, rupiah value, economic variables, money supply, domestic obligation, foreign obligation, international interest rate, non-economic variables, unexpected event, political and social instability
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DHYAH HARJANTI, 099913440 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTJIPTOHADI S., Drs., M.Ec., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Jun 2017 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35521
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item