PENGARUH PELATIHAN ELECTRONIC COMMERCE TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, KREATIVITAS DAN KOMUNIKASI PADA PENGUSAHA MENENGAH HANDYCRAFT DI JAWA TIMUR

Dony Joko Sasmito, 090315143 M (2005) PENGARUH PELATIHAN ELECTRONIC COMMERCE TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, KREATIVITAS DAN KOMUNIKASI PADA PENGUSAHA MENENGAH HANDYCRAFT DI JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-sasmitodon-461-tps_60_-5 abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-sasmitodon-461-kkbkk-2-k.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan permasalahan Usaha Kecil dan Menengah merupakan pilar utama bagi kekuatan ekonomi Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas (AFTA) dimana perdagangan antar negara dilakukan tanpa memandang batas negara dan produk luar negeri akan masuk ke Indonesia dengan leluasa maka perlunya model bisnis yang berbasis IT yaitu yang lebih dikenal dengan e-Commerce Penyelenggaraan pelatihan e-Commerce bagi Usaha Menegah merupakan suatu langkah dalam yang bertujuan untuk lebih mengenalkan internet e-Commerce agar para pengusaha menengah mampu menciptakan kreativitas dan komunikasi dengan meningkatkan pengetahuan serta perubahan sikap dalam pemasaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan Pengetahuan, Komunikasi, Sikap dan Kreativitas sebelum dan sesudah pelatihan e-Camerae pada pengusaha menengah handycraft di Jawa Timur. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini non equivalent pretest-postest control group design dengan sampel pengusaha menengah berjumlak 60 orang yg terdiri dari 30 orang anggota pelatihan (kelompok perlakuan) dan 30 orang anggota (kelompok kontrol) yang di uji cobakan sebelum dan sesudah pelatihan dengan menggunakan Torrance Test of Creativitas test (TTCT) dan kuisioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan pada tingkat pengetahuan, sikap, komunikasi dan kreativitas pada pengusaha menengah dengan p < 0,5 hal ini terbukti dimana dengan pelatihan terjadi peningkatan akan pemahaman tentang pengetahuan teknologi pemasaran yang sekaligus memacu menciptakan kreativitas dalam pemasaran produk dan adanya perubahan sikap dari sistem pemasaran tradisional menjadi modern.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 60/05 Sas p
Uncontrolled Keywords: E-commerce training. Knowledge, behavior, creativity, and communication.
Subjects: T Technology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
Dony Joko Sasmito, 090315143 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHaryono Suyono, Prof. Dr., H., MA., PhDUNSPECIFIED
ContributorSunarjo, Dr., dr., MS., MScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Oct 2016 05:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item